//

PERBANDINGAN ANTARA NILAI DAYA DUKUNG BERDASARKAN HASIL UJI SONDIR DAN TVA PENETROMETER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AFRIYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tanah memiliki peranan yang sangat penting disetiap lokasi pekerjaan konstruksi dikarenakan tanah merupakan struktur bawah yang menahan beban yang didirikan diatasnya. Daya dukung tanah merupakan aspek yang sangat penting dalam mendirikan bangunan. Pada penelitian ini dilakukan di dua lokasi yaitu FKP Unsyiah dan FKH Unsyiah dengan setiap lokasinya paling banyak memiliki 5 titik uji. Alat yang digunakan dalam pengujian ini adalah alat uji Sondir da n TVA Penetrometer. Tujuan dilakukan pengujian ini adalah untuk membandingkan nilai daya dukung tanah yang dipadatkan di lapangan dengan menggunakan alat uji Sondir dan TVA Penetrometer. Untuk mengetahui daya dukung tanah, maka dilakukan perhitungan terhadap daya dukung ijin dan daya dukung ultimit. Tahap perhitungannya dilakukan dengan bantuan Microsoft excel. Berdasarkan hasil pengujian di lapangan menggunakan alat uji sondir pada dua lokasi tersebut, diperoleh hasil pada lokasi FKP Unsyiah tekanan konus sebesar 200 (kg/cm²) pada kedalaman 14,80 - 17,00 (m). Dan pada lokasi FKH Unsyiah, tekanan konus yang didapatkan sebesar 200 (kg/cm²) pada kedalaman 5,00 – 5,20 (m), untuk alat uji TVA Penetrometer pada lokasi FKP Unsyiah diperoleh nilai tekanan konus sebesar 45 (kg/cm²) pada kedalaman 4,00 – 1,70 (m). Pada lokasi FKH Unsyiah didapat nilai tekanan konus sebesar 40 (kg/cm²) pada kedalaman 3,00 – 6,00 (m). Untuk perbandingan nilai Qa di lokasi FKP pada titik 1 adalah 5,62%, di titik 2 sebesar 1,65%, titik 3 adalah 3,08%, titik 4 sebesar 4,50%, dan titik 5 sebesar 3,50%. Pada lokasi FKH nilai Qa pada titik 1 sebesar 3,00%, di titik 2 sebesar 1,84%, dan pada titik 3 sebesar 2,73%. Untuk nilai Qu pada lokasi FKP di titik 1 didapat sebesar 5,62%, di titik 2 sebesar 2,11%, pada titik 3 adalah 3,08%, di titik 4 sebesar 4,50%, dan pada titik 5 sebesar 3,50%. Untuk nilai Qu pada lokasi FKH di titik 1 sebesar 3,00%, pada titik 2 sebesar 1,84%, dan pada titik 3 sebesar 2,73% Kata Kunci : Daya dukung, Sondir, TVA Penetrometer

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN NILAI DAYA DUKUNG TANAH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT UJI TVA PENETROMETER (ANDIKA KUMARA, 2019)

KAPASITAS DUKUNG TANAH MENGGUNAKAN METODE TERZAGHI DAN MEYERHOF PADA PEMBANGUNAN HANGGAR ULEE LHEUE (Aulya Shafira Niskhi, 2018)

PERENCANAAN DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN METODE FORMULA DINAMIS ( STUDI KASUS PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG CUT-BANDA ACEH) (Binsar Muharry L. Tobing, 2018)

TINJAUAN DAYA DUKUNG TANAH DENGAN METODE TERZAGHI DI SEKITAR BANTARAN KANAL ELAK KRUENG ACEH DESA LAMREUNG (PUTRIMA SYARAH ISTHIA, 2018)

TINJAUAN DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL TERHADAP TANAH APURAN YANG DISTABILISASI MENGGUNAKAN KAPUR (Lisma Liza, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy