//

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN MESIN PEUNEURAH NILAM PORTABLE (PNP) VERSI 1.0

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARZUKI ALKINDI - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

A B S T R A K Indonesia aktif memasok 90% kebutuhan minyak nilam dunia, tidak ada produser lain yang signifikan menyuplai ke pasar internasional untuk komoditi minyak nilam. Nilam Aceh memperoleh perlindungan Indikasi Geografis khusus dengan nomor sertifikat IDG 000000021 dikarenakan mampu menghasilkan minyak nilam terbaik dunia dengan kandungan patchouli Alcohol minimal 30%. Namun Sayangnya, keunikan nilam Aceh tidak dirasakan nilai tambahnya dikalangan petani karena terkendala pada mesin penyulingan yang belum optimal, boros energi, dengan waktu suling 8-11 jam, hasil rendemen dibawah 3% dan karena mahal, tidak semua petani mampu memiliki mesin penyulingan sendiri . Oleh karena itu dilakukan perancangan dan pengembangan mesin penyulingan yang diberi nama Peuneurah Nilam Portable (PNP) v 1.0 dengan kapasitas 30 kg sebagai bentuk inovasi alat penyulingan minyak nilam yang ramah lingkungan dengan tingkat penyulingan mendekati maksimal dengan mempertimbangkan kebutuhan konsumen terhadap penerapan Desain Quality Function Development. Mesin PNP v 1.0 telah menjadi salah satu solusi atas permasalahan yang dialami petani nilam, waktu penyulingan menjadi lebih cepat yaitu 4-5 jam dengan hasil minyak nilam lebih jernih dibandingkan dengan mesin milik petani yang ada di Aceh. Kata kunci: Minyak Nilam, Rendemen, Patchouli Alcohol, Mesin Peuneurah Nilam Portable (PNP) v.1.0.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN COLD STORAGE PORTABLE UNTUK KAPASITAS 50 KG MENGGUNAKAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC) (Jamer Erix Exstrada, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI NILAM DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN ACEH SELATAN. (Julyandhika Rahman, 2016)

KONTRIBUSI LEMBAGA KEUANGAN TERHADAP PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI NILAM DI ACEH JAYA (Uswatun Hasanah Nura, 2019)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI TERHADAP USAHATANI NILAM DI KABUPATEN ACEH JAYA (Reka Anggraini, 2019)

RANTAI PASOK PADA INDUSTRI MINYAK NILAM MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (STUDI KASUS: KABUPATEN ACEH JAYA) (REZA AULIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy