//

OTOMASI MONITORING DAN PENYIRAMAN TANAMAN MENGGUNAKAN MEKANISME TIGA SUMBU UNTUK TIGA JENIS TANAMAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misrizal Saifannur - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Otomasi monitoring dan penyiraman tanaman dewasa ini sudah menjadi kebutuhan. Karena tanaman membutuhkan air untuk menaikkan unsur hara dalam tanah keseluruh pohon guna dilakukan fotosintesis. Pada penelitian sebelumnya sudah pernah ditawarkan sebuah otomasi dan penyiraman tanaman dimana sensornya masih diletakkan secara statis sehingga sangat tidak efisien jika diaplikasikan pada banyak tanaman. Hal ini disebabkan oleh biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sensor. Peletakan sensor secara permanen pada setiap tanaman tidaklah terlalu penting, mengingat monitoring tidak dilakukan setiap saat melainkan berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Dari segi energi yang dihabiskan penggunaan sensor statis juga terbilang boros jika tanaman yang dimonitoring ada ribuan tanaman. Untuk itu, pada penelitian ini dirancang sebuah prototipe pemantauan kelembaban dan penyiraman pada media tanam dengan menggunakan sistem dinamis. Penggunaan sistem dinamis dalam pemantauan tanaman akan menghemat sensor dan juga bisa digunakan untuk berbagai jenis tanaman karena sifat sensornya yang dapat dipindahkan. Menggunakan Stepper Motor sebagai penggerak, Sensor Kelembaban sebagai pemantau kelembaban, Sistem yang dibuat menggunakan Arduino Uno. Sensor yang digunakan akan digerakkan dari satu media tanam ke media tanam lainnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROTOTIPE SISTEM PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERDASARKAN KELEMBABAN TANAH BERBASIS MIKROKONTROLER (M. Alfurqan, 2017)

PENGARUH DOSIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA INDIGENOUSDAN INTENSITAS PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.) DI MAIN NURSERY PADA ULTISOL (SYAHRIZAL, 2016)

KANDUNGAN KLOROFIL DAN PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (LACTUCA SATIVA L.) PADA VOLUME PENYIRAMAN YANG BERBEDA (Nadya Putri Lisna, 2014)

PENGARUHKOM POSISI MEDIA TANAM DAN INTERVAL PENYIRAMAN PUPUK CAIR HASIL SAMPING PENGOMPOSAN LIMBAH RUMAH TANGGA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (BRASSICA RAPA L.) (Muhammad Ichsanul Mahardika, 2015)

PEMANFAATAN ENERGI SURYA SEBAGAI PENGGERAK POMPA PADA TANAMAN CABAI (Maulana Rizky, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy