//

DESAIN SISTEM INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PEMANTAUAN DAN PREDIKSI GEJALA SERANGAN JANTUNG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Heri Arya Supriyatna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Serangan jantung merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat adanya penyumbatan pada saluran aliran darah ke otot jantung, sehingga mengakibatkan jantung kurang mendapatkan suplai darah. Tanda-tanda dan gejala dari serangan jantung umumnya dirasakan oleh seseorang seperti timbulnya rasa nyeri dan rasa sakit dibagian dada, sesak napas, lemas, pusing, dan lain-lain. Perkembangan teknologi saat ini khususnya di bidang medis sudah menyediakan alat yang dapat mendeteksi detak jantung yang disebut dengan electrocardiogram (ECG). Alat electrocardiogram merupakan alat yang relatif mahal dikarenakan produksinya terbatas, serta penggunaan yang cukup spesifik dan alat ini terdapat pada rumah sakit - rumah sakit besar. Oleh karena itu diperlukan realisasi sebuah alat dengan sistem electrocardiogram yang relatif murah berbasis internet agar dapat digunakan oleh seseorang yang ingin mengecek kondisi kesehatan jantungnya tanpa harus datang ke rumah sakit. Alat ini dirancang menggunakan sistem electrocardiogram berbasis internet of things yang memiliki kemampuan untuk memantau kondisi kesehatan jantung seseorang secara jarak jauh serta mampu memprediksi tanda-tanda dan gejala serangan jantung agar dapat dilakukan antisipasi lebih dini. Desain sistem electrocardiogram berbasis internet of things menggunakan beberapa perangkat yang terdiri dari tiga elektroda dengan kabel probe ECG yang dihubungkan pada modul ECG AD8232 yang diintegrasikan pada wemos d1 mini berbasis mikrokontroler ESP8266 berfiturkan modul wifi agar terhubung dengan jaringan internet, buzzer untuk memberikan peringatan berupa suara jika terdeteksi gejala serangan jantung, serta server thingspeak untuk menerima data detak jantung berdasarkan pengukuran secara langsung dimana data tersebut dikirimkan oleh wemos d1 mini melalui jaringan internet agar dapat divisualisasikan pada channel di server thingspeak. Kata kunci: jantung, electrocardiogram, sensor, elektroda, dan internet

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RESTFUL WEB SERVICE UNTUK PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN PETERNAKAN AYAM BROILER (DARMAWANSYAH, 2018)

PENGUKURAN DAN PEMANTAUAN PERFORMANSI MODUL SURYA (Hudal Mirrahman, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP FEKUENSI SERANGAN ASMA PADA ANAK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Devi Asrianty, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERAWATAN ULANG PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUANG RAWAT ICCU DAN RUANG RAWAT JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (INDA LESTARI, 2015)

HUBUNGAN SUPPORTIVE CARE NEEDS DENGAN KECEMASAN PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURUL RAHMI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy