//

HUBUNGAN PERILAKU KEBIASAAN JAJAN DENGAN STATUS GIZI PELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI TAHIJA JEULINGKE BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosni Darwis - Personal Name
SubjectNUTRITIONAL - HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kebiasaan makan jajanan menyebabkan anak cenderung tidak suka dan meninggalkan makan di rumah. Pola makan yang kurang baik tersebut dapat berpengaruh terhadap status gizi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara perilaku kebiasaan jajanan dengan status gizi pelajar Sekolah Dasar Negeri Tahijja Jeulingke Banda Aceh. Jenis Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tentang pertanyaan mengenai status gizi, pengetahuan, besar uang saku dan rasa jajanan. Hasil penelitian di dapat Mayoritas pelajar di Sekolah Dasar Negeri Tahija Jeulingke Banda Aceh memiliki status gizi yang normal dengan pengetahuan orang tua yang baik yaitu sebanyak 25 responden (73,5%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa pelajar di Sekolah Dasar Negeri Tahija Jeulingke Banda Aceh manyoritasnya memilki status gizi yang normal. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mayoritas anak atau pelajar di sekolah ini memilki status gizi normal, hal ini tidak terlepas dari peran orang tua yang memiliki pengetahuan yang baik terhadap konsumsi atau jajanan anaknya. Selain itu faktor uang saku yang diberikan orang tua juga memiliki peran penting. Dengan uang saku yang mencukupi maka pelajar dapat memilih makanan atau jajanan secara bervariasi sehingg gizi yang didapat pun akan bervariasi. Selain itu, rasa jajanan juga mempengaruhi minat beli pelajar terhadap jenis makanan karena semakin enak atau lezat makanan tersebut maka minat pelajar untuk membeli akan lebih besar. Jadi dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu, besar uang saku dan rasa jajanan dengan Status Gizi di Sekolah Dasar Negeri Tahija Jeulingke Banda Aceh.. Kata Kunci : Status Gizi, Pengetahuan, Besar uang Saku dan Rasa jajanan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU JAJAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 54 YAYASAN TAHIJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (fera ariantika, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU JAJAN DI SEKOLAH DENGAN STATUS KESEHATAN ANAK USIA 13-14 TAHUN DI SMPN BANDA ACEH (Ninin Ernia, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, STATUS GIZI, DAN STATUS IMUNISASI DASAR TERHADAP KESEHATAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL KAMAL TAHUN 2013 (Elida Rosa Agustina , 2016)

HUBUNGAN KONSUMSI FAST FOOD DENGAN STATUS GIZI PADA PELAJAR SMA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (Amalia Nurfitri Azyus, 2016)

EVALUASI STATUS GIZI PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI BULUH DIDI KLUET TIMUR TAHUN 2013/2014 (Maidiana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy