//

PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN VARIASI SUBSTITUSI SEMEN, AGREGAT HALUS, DAN AGREGAT KASAR (PENGGUNAAN FLY ASH BATU BARA, KERAK BOILER CANGKANG SAWIT, PASIR POZZOLAN DAN NANOMATERIAL BIJIH BESI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Fatmawati TA - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Beton mutu tinggi dapat diperoleh dengan mencampurkan superplastisizer (high range water reducer) dan aditif mineral yang bersifat cementitious yang berupa abu terbang (fly ash), pozzofume (super fly ash), dan mikrosilika (silicafume) dengan kadar yang tepat. Pada penelitian ini peneliti menggunakan substitusi material semen dengan menggunakan fly ash batu bara, fly ash pasir pozzolan dan fly ash abu cangkang sawit, agregat halus dengan menggunakan pasir pozzolan, agregat kasar dengan menggunakan bongkahan cangkang sawit dan filler dengan nanomaterial bijih besi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan perilaku geser balok beton bertulang mutu tinggi normal (BMT-N) dengan balok beton bertulang mutu tinggi dengan penambahan substitusi material. Benda uji balok beton bertulang mutu tinggi di desain mengalami kegagalan geser. Benda uji balok beton bertulang ukuran balok 150 mm x 300 mm x 2200 mm dengan tulangan geser berdiameter Ø6-300 mm (fy 423,46 MPa), tulangan tekan berdiameter 2D16 mm (fy 412,39 MPa) dan tulangan tarik berdiameter 4D19 mm (fy 462,24 MPa). Untuk pengujian kuat tarik lentur dengan panjang balok 150 mm x 150 mm x 600 mm dan benda uji silinder dengan ukuran Ø 150 mm x 300 mm tinggi. Besaran kuat tarik lentur untuk BMT-N adalah 4,5 MPa dengan f’c = 44,4 MPa dan untuk kuat tarik lentur BMT-FBPP adalah 5,35 dengan f’c = 51,04 MPa. Hasil penelitian semua balok mengalami kegagalan geser, dengan perbandingan kapasitas geser laboratorium dan teoritis adalah BMT-N 2,292 beban maksimum 27,200 ton dan kapasitas geser maksimum pada variasi semen fly ash batu bara, agregat halus cangkang sawit (BMT-FBCS) adalah 2,111 dengan 25,100 ton. Nilai lendutan maksimum dan daktilitas pada balok BMT-N adalah 9,490 mm dan 1,394, dan pada variasi semen fly ash pasir pozzolan, agregat halus pasir pozzolan (BMT-APPP) memiliki nilai paling besar lendutan maksimum dan daktilitasnya yaitu 10,470 mm dan 2,181. Kata Kunci : Balok Beton Bertulang Mutu Tinggi, Kapasitas Geser, Batu Bara, Pasir Pozzolan dan Abu Cangkang Sawit, Lendutan, Daktilitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN VARIASI SUBSTITUSI SEMEN, AGREGAT HALUS, DAN AGREGAT KASAR (PENGGUNAAN FLY ASH BATU BARA, KERAK BOILER CANGKANG SAWIT, PASIR POZZOLAN DAN NANOMATERIAL BIJIH BESI) (Cut Fatmawati TA, 2019)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

ANALISIS KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI MENGGUNAKAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT DAN PASIR POZZOLAN SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS (Tetiana Zulakhiar, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TARIK BELAH DAN KUAT TARIK LENTUR BETON MUTU TINGGI HYBRID (Nurkhalis, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TARIK DAN KUAT GESER BETON MUTU TINGGI (MUHAMMAD IMAM PRATAMA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy