//

ANALISIS KESERASIAN ALAT DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PRODUKSI BATU KAPUR PADA UNIT PENAMBANGAN BUKIT KARANG PUTIH, PT SEMEN PADANG, SUMATERA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M ILMAN RASYAD - Personal Name

Abstrak/Catatan

Batu gamping adalah bahan baku utama dalam pembuatan semen dan diperoleh melalui proses penambangan. Salah satu perusahaan yang melakukan penambangan batu gamping adalah PT Semen Padang (Persero) dengan metode penambangan quarry. Target produksi harian PT Semen Padang adalah sebesar 17.000 ton. Untuk memenuhi target produksi tersebut penambangan dibantu peralatan mekanis berupa excavator dan dumptruck. Faktor yang sangat menentukan tercapainya target produksi adalah produktivitas dari alat yang bekerja. Selain produktivitas, tingkat keserasian kerja alat juga menjadi faktor penting dalam kegiatan penambangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari keserasian kerja alat terhadap tingkat produktivitas. Berdasarkan pengamatan lapangan produktivitas dari excavator adalah 21.884,72 ton/hari dan dumptruck sebesar 15.054,55 ton/hari dengan tingkat keserasian kerja alat sebesar 0,72. Hal ini menunjukkan produksi tidak memenuhi target, karena dalam bekerja alat angkut tidak bekerja secara maksimal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini seperti jalan dan jumlah alat. Memperbaiki grade jalan angkut untuk meningkatkan cycle time alat angkut sehingga produksi meningkat menjadi 19.582,09 ton/hari dengan tingkat keserasian alat 0,93. Meningkatkan keserasian kerja alat juga bisa dengan penambahan jumlah alat angkut yang awalnya 3 unit menjadi 4 unit sehingga nilai keserasian kerja alat menjadi 0,95. Setelah penambahan alat angkut, produktivitas dumptruck meningkat menjadi 20.072,06 ton/hari dan telah memenuhi target produksi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA ALAT CRUSHING PLANT PADA PENAMBANGAN LIMESTONE DI PT SEMEN PADANG (PERSERO) TBK, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG SUMATERA BARAT (Aidil Lian, 2017)

EVALUASI JAM KERJA EFEKTIF DAN KESERASIAN KERJA ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 800 SE DENGAN ALAT ANGKUT SCANIA P 420 PADA PENAMBANGAN BATU BARA PIT 1 TIMUR BANKO BARAT PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK (MUHAMMAD FADHIL, 2018)

KAJIAN BIAYA PENAMBANGAN DALAM MEMENUHI TARGET PRODUKSI BATU BARA DI WILAYAH PENAMBANGAN BANKO BARAT PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN (YUSFAIZI ADITIA, 2018)

KAJIAN TEKNIS KESERASIAN KERJA ALAT DAN TEORI ANTRIAN GUNA MENCAPAI TARGET PRODUKSI PADA PENAMBANGAN BATU BARA PIT 1 UTARA BANKO BARAT PT BUKIT ASAM, TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (M. Rizki Mufty, 2018)

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA TAMBANG KUARI BATUGAMPING DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN DI PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI, KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH (Muhammad Iqbal, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy