//

ANALISIS STABILITAS LERENG TERHADAP FAKTOR KEDALAMAN GALIAN TAMBANG TERBUKA DARI ASPEK GEOTEKNIK (STUDI KASUS PERTAMBANGAN BATUBARA DESA SUMBER BATU KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LISA FIANTI - Personal Name
SubjectLANDSLIDES
MINES (EXCAVATIONS)
MINING - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Tambang terbuka merupakan salah satu sistem penambangan dimana segala kegiatan atau aktifitas penambangan dilakukan pada permukaan bumi. Perencanaan tambang terbuka selain memperhatikan pertimbangan ekonomi, secara teknis kestabilan lereng sangat berperan penting dalam proses penambangan yang ditentukan oleh kondisi geoteknik dengan memperkirakan produksi bahan galian dan kemungkinan terjadinya kerugian. Penelitian dilakukan untuk menganalisis kestabilan lereng galian tambang batubara yang terletak di Desa Sumber Batu Kecamatan Meurebo Kabupaten Aceh Barat. Stabilitas lereng galian mencakup pekerjaan penggalian yang dipengaruhi oleh kekuatan parameter tanah dan desain penggalian. Pada penelitian ini, untuk melihat kestabilan lereng galian dan bentuk keruntuhan lereng menggunakan metode elemen hingga dengan program Plaxis secara komputasi. Pengolahan data menerapkan varian kemiringan lereng (α) terhadap permodelan kedalaman lereng dengan menghitung nilai faktor keamanan yang menggambarkan nilai seimbang pada massa tanah yang bergerak dan memenuhi persyaratan keamanan kestabilan lereng. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai faktor keamanan (FK) pada sudut kemiringan lereng eksisting α yaitu 3,4001, untuk kemiringan lereng α - 10% FK 3,6042 dan kemiringan lereng α + 10% FK 2,8917. Dari hasil tiga varian tersebut FK menunjukkan kemiringan lereng aman/stabil atau tidak terjadi keruntuhan lereng. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah semakin kecil sudut kemiringan lereng maka semakin besar nilai FK yang diperoleh dan menjadi informasi dalam perencanaan galian tambang terbuka terhadap stabilitas lereng dan upaya mitigasi dalam penanganan kelongsoran lereng galian. Kata Kunci : Stabilitas, kedalaman galian, pola keruntuhan, faktor keamanan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KESTABILAN LERENG GALIAN TAMBANG TERBUKA BERDASARKAN ASPEK GEOTEKNIK DAN KESELAMATAN KERJA (STUDI KASUS PERTAMBANGAN BATUBARA PT. MIFA BERSAUDARA DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT) (DIAN FEBRIANTI, 2016)

KONFLIK DAN RESISTENSI MASYARAKAT TERHADAP PERTAMBANGAN GALIAN C DI KABUPATEN NAGAN RAYA (STUDI KASUS DESA SUAK PALEMBANG KECAMATAN DARUL MAKMUR) (DENI SETIAWAN, 2019)

ANALISIS KESTABILAN LERENG DAN MONITORING REAL TIME MENGGUNAKAN SLOPE STABILITY RADAR (SSR) PIT TOWN SITE BASE CAMP SISI SIDE WALL TIMUR, TAMBANG AIR LAYA DI PT. BUKIT ASAM, TBK., TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Isna Rosifa, 2018)

ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN NAGAN RAYA PADA SEKTOR PERTAMBANGAN GALIAN C (Fiqi Rahmatillah, 2017)

KAJIAN GOOD MINING PRACTICE PADA AKTIVITAS PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT DI PROVINSI ACEH (STUDI KASUS DI GUNUNG UJEUN, KABUPATEN ACEH JAYA) (Zamdi Rahman, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy