//

PEMETAAN RISIKO KOROSI BETON BERTULANG PADA MASJID DARUL FALAH GAMPONG PINEUNG – BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mohd. Kautsar - Personal Name
SubjectCORROSION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Saat ini baja merupakan struktur penguat yang paling banyak digunakan pada berbagai konstruksi bangunan. Akan tetapi, baja memiliki kekurangan yaitu mudah terserang korosi apabila berada pada lingkungan yang korosif. Pada tanggal 07 Februari 2018 telah terjadi kerusakan yang sangat parah pada permukaan beton bertulang sisi bagian Barat dari Masjid Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh yang diakibatkan oleh faktor korosi. Oleh sebab itu pemantauan dan perawatan terhadap beton bertulang perlu dilakukan guna menghindari kegagalan berupa runtuhnya bangunan secara tiba-tiba. Penelitian ini bertujuan untuk menilai level risiko korosi beton bertulang pada sisi Barat dan Utara dari Masjid Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Half-Cell Potential Mapping. Pada sisi Barat area pengukuran terdiri dari bagian luar dan bagian dalam. Pada bagian luar bangunan terdiri dari dua bagian dan pada sisi Utara area pengukuran dibagi menjadi empat bagian untuk dilakukan pemetaan risiko korosi. Untuk mencari tulangan dan sengkang dalam struktur beton bertulang digunakan alat Profometer 5+ dan untuk mengukur nilai potensial korosi digunakan alat Digital Half-Cell Potential Meter. Level risiko korosi ditetapkan sesuai standar ASTM C876. Hasil pengukuran menunjukkan sisi Utara berada pada level risiko korosi rendah (low risk) hingga menengah (intermediate risk). Sementara pada sisi Barat dari bagian dalam bangunan sebagian areanya telah mencapai level korosi sangat tinggi. Kemudian, pada sisi Barat bagian luar bangunan berada pada level risiko korosi menengah (intermediate risk). Dengan demikian, monitoring korosi secara berkala perlu dilakukan serta penanganan lebih lanjut yaitu menggunakan sistem Cathodic Protection dengan sistem Sacrificial Anode pada bagian korosi yang telah aktif perlu dilakukan guna menghindari korosi terus berlanjut sehingga kegagalan secara tiba-tiba pada Masjid Darul Falah Gampong Pineung Banda Aceh dapat dicegah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMETAAN KOROSI BETON BERTULANG PADA RUMAH PENDUDUK SETELAH SEPULUH TAHUN TSUNAMI 2004 (Wicaksono Achmad Walid, 2016)

STUDI POTENSIAL KOROSI BETON BUSA BERTULANG DENGAN POZZOLAN SEBAGAI BAHAN PENGISI MENGGUNAKAN METODE HALF-CELL POTENTIAL MAPPING (Ammar Ramzy, 2017)

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF HIJAYYAH MELALUI PENERAPAN MEDIA SPOON PUPPET DI TPA DARUL FALAH GAMPONG PINEUNG BANDA ACEH (AYU RISKA AMALIA, 2019)

APLIKASI METODE LINEAR POLARIZATION RESISTANCE UNTUK MENGUKUR LAJU KOROSI INFRASTRUKTUR PASCA SEPULUH TAHUN TSUNAMI 2004 (Hayyu Al Hadi, 2016)

STUDI PENGARUH NILAI COGNITIVE DAN SOCIAL PARAMETER PADA PSO TERHADAP KINERJA BEIA DALAM MENDETEKSI LOKASI KOROSI BETON BERTULANG (Ahmad Julianda, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy