//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR FASILITAS UMUM YANG MEMBERIKAN KEPUASAN PENGHUNI (STUDI KASUS: KOMPLEK PERUMAHAN JEULINGKE RESIDENCE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AHMAD YANI AGARA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR FASILITAS UMUM YANG MEMBERIKAN KEPUASAN PENGHUNI (Studi Kasus: Komplek Perumahan Jeulingke Residence) Oleh: Ahmad Yani Agara NIM. 1409200060054 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Eng. Sugiarto. ST, M.Eng 2. Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng ABSTRAK Fasilitas umum merupakan satu kesatuan dari suatu kawasan perumahan yang disediakan oleh developer untuk kepentingan umum. Fasilitas umum yang tersedia pada Perumahan Jeulingke Residence ini terdiri dari jalan, sanitasi, drainase, air bersih, dan jaringan listrik. Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011, dan Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 22/PERMEN/M/2008, maka pada perumahan Jeulingke Residence masih terdapat fasilitas umum yang belum memadai yakni rumah ibadah, Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan persampahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor fasilitas umum yang dapat memberikan kepuasan penghuni komplek Perumahan Jeulingke Residence, dan faktor fasilitas umum yang dominan dapat memberikan kepuasan penghuni komplek Perumahan Jeulingke Residence. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik rumah di komplek Perumahan Jeulingke Residence. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 150 jiwa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Faktor yang dievaluasi adalah prasarana, sarana, dan utilitas umum. Pengolahan data digunakan uji validitas, dan uji reliabilitas, sedangkan analisa data digunakan analisis deskriptif dan analisis faktor Principle Component Analysis (PCA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor fasilitas umum yang dapat memberikan kepuasan penghuni komplek Perumahan Jeulingke Residence adalah faktor prasarana dan faktor sarana. Faktor fasilitas umum yang dominan memberikan kepuasan penghuni komplek Perumahan Jeulingke Residence adalah faktor prasarana dengan varians sebesar 68,942%. Indikator dari faktor prasarana adalah kondisi jalan, kondisi drainase, kondisi sanitasi, kondisi air bersih, dan kondisi jaringan listrik. Kata Kunci: Fasilitas umum, kepuasan, penghuni, perumahan, developer

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KETERSEDIAAN FASILITAS UMUM TERHADAP KEPUASAN PENGHUNI KOMPLEK PERUMAHAN BEUTARI PERMAI DESA BAYU KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (FIKA ARFIANA TANJUNG, 2018)

HOUSING ESTATE BANDA ACEH RESIDENCE (Nanta Setia Putri, 2014)

PERUMAHAN RAMAH LINGKUNGAN DI BANDA ACEH (Khairul Rizal Sb, 2017)

FEASIBILITY STUDY INVESTASI PEMBANGUNAN PERUMAHAN HONCO LINGKE RESIDENCE DI KOTA BANDA ACEH (IVAN WIDARDO, 2015)

PEMODELAN BANGKITAN PERGERAKAN BERDASARKAN AKTIVITAS DARI KOMPLEK PERUMAHAN DI KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (FERDIANSYAH NOVRIZA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy