//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI WULANDARI - Personal Name
SubjectFAMILY SUPPORT
PRESCHOOL CHILDREN DEVELOPMENT - PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 10 Oktober 2012 xvi halaman + VI bab + 83 halaman + 14 tabel + 1 skema + 19 lampiran FITRI WULANDARI 0807101020012 HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Dukungan keluarga merupakan segala bentuk dukungan yang dirasakan oleh anggota keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan fisik, psikologis, dan sosialnya. Dukungan keluarga merupakan salah satu bentuk stimulasi terhadap perkembangan psikososial anak. Perkembangan psikososial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya dan orang dewasa lainnya. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sosialnya diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di Desa Peurada Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kolerasional dengan pendekatan penelitian cross sectional dan teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah sampel 56 responden ibu dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dan lembar observasi DDST. Hasil analisa data dengan menggunakan uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan dukungan sosial dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,035), ada hubungan dukungan penilaian dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,000), ada hubungan dukungan tambahan dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,017), ada hubungan dukungan emosional dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,010). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di Desa Peurada Banda Aceh (p-value= 0,017). Diharapkan orang tua dapat terus memberikan dukungan yang cukup pada anak agar perkembangan anak berjalan dengan potimal. Kata kunci : Dukungan Keluarga, Anak Usia Prasekolah, Perkembangan Psikososial Daftar Bacaan : 33 buku, 8 internet (1994-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN)DI SD SEUMET MONTASIK ACEH BESAR TAHUN 2014 (Amatallah, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN DENVER TEST II DI TK BUNDA KANDUNG ACEH BESAR (Khairul Rijal, 2015)

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

HUBUNGAN SINDROM NEFROTIK TERHADAP GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-6 TAHUN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Firda Nur Islami , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy