//

PEMETAAN GEOLOGI DAN POTENSI AIR TANAH DANGKAL DI DATARAN KECAMATAN TIRO, KABUPATEN PIDIE, ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRVAN PATRIA YOLANDA - Personal Name
SubjectWATER CONSERVATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Daerah penelitian terletak di Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, dengan luasan daerah penelitian 4,4 x 5,5 Km2. Informasi geologi dan Airtanah merupakan aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Peta geologi regional lembar Banda Aceh tahun 1981 belum terpetakan secara detail baik itu geomorfologi dan litologi. Airtanah merupakan salah satu sumber air bagi kehidupan. Analisis airtanah berupa pola aliran pada zona tidak tertekan dan kualitas sifat kimia airtanah untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan untuk keberlangsungan kehidupan. Secara geografi dan geometri, daerah penelitian didapatkan 3 satuan geomorfologi, yaitu satuan fluvial, satuan perbukitan curam, dan satuan perbukitan landai . Stratigrafi daerah penelitian terbagi atas 8 satuan stratigrafi, yaitu satuan dataran banjir, batulanau dan batulempung, satuan batupasir dan batukonglumerat, satuan sisispan batulempung karbonatan dengan batulanau, satuan sisipan batupasir karbonatan dengan batulempung, satuan batulanau karbonatan, satuan batulempung dan satuan batupasir karbonatan. Pola pergerakan airtanah zona tidak tertekan mengalir dari arah barat laut kemudian menuju timur laut. Analisis tipe kimia airtanah menggunakan Diagram Stiff dan Diagram Piper. Berdasarkan hasil analisis 5 jenis sampel kimia airtanah, tipe kimia airtanah pada kelima sampel yaitu didominasi oleh umsur magnesium, kalsium, dan bikarbonat. Kualitas airtanah terhadap irigasi menunjukkan risiko salinitas menengah dan resiko sodium yang rendah. Berdasarkan analisis hubungan geologi dengan geokimia airtanah, litologi merupakan faktor yang mempengaruhi tipe kimia airtanah, tipe airtanah kation yang mengadung kalsium dan magnesium dipengaruhi oleh batu gamping dan tipe air tanah airtanah mengadung karbonat dipergaruhi oleh keberadaan unsur kalsit pada satuan batulanau karbonatan. Sedangkan TDS sangat dipengaruhi oleh ketinggian elevasi geomorfologi. Katakunci: Tiro, Geologi, Airtanah, Geomorfologi, Sifat kimia airtanah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GEOLOGI DAN ANALISA GRANULOMETRI DATARAN BANJIR DI KECAMATAN INDRAPURI, ACEH BESAR (Firdha Sabrina, 2018)

GEOLOGI DAN ANALISA SPASIAL PERUBAHAN GARIS PANTAI PASCA TSUNAMI 2004 DI LAMPUUK, ACEH BESAR (Iswana Adela, 2018)

GEOLOGI DAN ANALISIA SPASIAL DATARAN BANJIR SUNGAI KRUENG ACEH, KECAMATAN INDRAPURI, ACEH BESAR (RIZKI HULIA ZAHRA, 2018)

PEMETAAN GEOLOGI DAN POTENSI AIR TANAH DANGKAL DI DATARAN KECAMATAN TIRO, KABUPATEN PIDIE, ACEH (IRVAN PATRIA YOLANDA, 2019)

PEMETAAN GEOLOGI DAN ANALISIS PROVENANCE BATUPASIR FORMASI ALAS (Rizky Putra Utama, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy