//

EVALUASI SUHU PERMUKAAN FASADE BANGUNAN PERTOKOAN (STUDI KASUS: JL. DR. MR. MOHD HASAN, BATOH, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nilam Wahyu Ningsih - Personal Name

Abstrak/Catatan

Banda Aceh merupakan salah satu wilayah pesisir yang terkena bencana gempa dan tsunami pada Desember tahun 2004 silam. Pasca bencana tsunami, kota Banda Aceh mulai dibangun kembali, dan menjalani proses rekonstruksi yang dicanangkan berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga-lembaga swadaya berskala lokal, nasional, bahkan internasional. Saat ini Banda aceh mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat di segi pembangunan, ekonomi, dan pariwisata. Efek dari perkembangan pembangunan tersebut menyebabkan peningkatan suhu udara, hal ini dikarenakan banyaknya bangunan yang menggunakan material yang secara langsung maupun tidak langsung berkontribusi dalam peningkatan suhu ini. Kondisi ini juga sering disebut sebagai Urban Heat Island (UHI). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengukuran menggunakan instrument kamera termal, WBGT Meter, dan anemometer.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bangunan yang menggunakan beton pada fasad memiliki suhu yang paling konsisten dibandingkan material alucobond dan kaca. Namun bangunan yang menggunakan material beton adalah material yang paling sulit melepaskan panas dibandingkan dua material lainnya. Kata Kunci: Urban Heat Island, Banda Aceh, Suhu

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK FASADE BANGUNAN GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA SEBAGAI PEMBENTUK VISUAL KAWASAN (SITI KHAIRANI, 2019)

RESPON MASYARAKAT TERHADAP DESAIN FASADE KOMPLEK MUSEUM ACEH (Nadila Ulfa, 2019)

PEMADAM WILAYAH KEBAKARAN KOTA BANDA ACEH (Fajar Wahyudi, 2013)

ESTIMASI SUHU PERMUKAAN LAHAN DI KABUPATEN ACEH BARAT MENGGUNAKAN SALURAN TERMAL CITRA LANDSAT (Nur Atikah Suri, 2018)

STUDI KONSERVASI BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI DALAM KAWASAN PENGEMBANGAN PELABUHAN BEBAS SABANG (Albina A. Rahman, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy