//

TINGKAT KENYAMANANAN TERMAL RUANG TIDUR (STUDI KASUS: RUANG TIDUR RUMAH GRIYA CADEK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR FITRI RAHMAYANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perumahan griya cadek merupakan perumahan yang selesai dibangun tahun 2017 yang mempunyai ruang tidur berorientasi Timur-Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kenyamanan termal ruang tidur berdasarkan data hasil pengukuran. Hasil penelitian ini akan dibandingkan dengan standar SNI 03-6572-2001 dan kenyamanan termal adaptif. Kegiatan pengukuran dari variabel lingkungan terdiri atas temperatur udara (Ta), temperatur radiasi (Tr), kelembaban udara (Rh) dan kecepatan angin (v). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Heat Stress WBGT Meter, Thermal Data Logger dan Anemometer. Penelitian ini dilaksanakan pada ruang tidur orientasi timur dan barat rumah griya cadek dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi ruang tidur orientasi timur dan barat rumah griya cadek memiliki suhu udara berkisar antara 29.6˚C–32.6˚C. Hasil perbandingan dengan SNI menunjukan bahwa suhu di dalam ruang tidur orientasi timur dan barat rumah griya cadek berada di luar zona yang ditetapkan SNI, dimana nilai TE dalam ruang tidur lebih tinggi dari pada nilai yang ditetapkan oleh SNI. Nilai TE pada ruang tidur timur dan barat berkisar antara 28˚C-30.7˚C sementara nilai TE yang ditetapkan SNI berkisar antara 20.5˚C-27.1˚C. Hasil perbandingan dengan kenyamanan termal adaptif pada ruang tidur orientasi timur dan barat rumah griya cadek juga menunjukan bahwa zona nyaman pagi dan malam hari saat To 28˚C sedangkan siang hari zona nyaman saat To 30˚C. Kata kunci: Ruang tidur, Kenyamanan termal, SNI 03-6572-2001, Kenyamanan termal adaptif

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PERUBAHAN RUMAH INTI PADA PERUMAHAN SEDERHANA (STUDI KASUS : PERUMAHAN KPR GRIYA MAHONI, ACEH BARAT ) (Hissa Arfira, 2018)

HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN POLA TIDUR PERAWAT PELAKSANA DI RUANG INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Riska Fittria, 2014)

PENGARUH KONSUMSI KOPI TERHADAP POLA TIDUR PADA WANITA (NADIA ANISAH RIZAR, 2017)

HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN GANGGUAN TIDUR PADA PASIEN THALASEMIA ANAK DI RSUDZA (ALVIN DZAKY NURHADY, 2018)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KEJADIAN INFARK (Tjut Farahiya Hadi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy