//

EVALUASI KINERJA SISTEM DRAINASE ZONA 5 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ari Herfiansyah - Personal Name
SubjectDRAINAGE - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

EVALUASI KINERJA SISTEM DRAINASE ZONA 5 KOTA BANDA ACEH Oleh : Ary Herfiansyah NIM. 1309200060034 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eldina Fatimah, M.Sc 2. Dr. Azmeri, ST. MT ABSTRAK Berdasarkan hasil Studi Penilaian Risiko Kesehatan Lingkungan, zona 5 drainase Kota Banda Aceh yang meliputi Kecamatan Syiah Kuala, Ulee Kareng dan Kuta Alam terdapat beberapa desa yang termasuk dalam kategori risiko sedang dan risiko tinggi terjadinya genangan banjir. Desa risiko sedang terjadinya banjir yaitu Desa Bandar Baru, Lambaro Skep, Ie Masen Kayee Adang, dan Lambhuk. Desa kategori risiko tinggi terjadinya banjir yaitu Desa Beurawe. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan evaluasi kinerja sistem drainase untuk melihat bagaimana kondisi serta fungsi sarana dan prasarana drainase yang telah dibangun dan peran serta masyarakatnya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif didukung dengan Deskriptif-Evaluatif serta analisis SWOT dan AHP (Analytic Hierarchy Process) untuk merumuskan strategi dan prioritas strategi peningkatan kinerja. Evaluasi kinerja yang dilakukan mencakup aspek fisik dan non fisik. Aspek fisik meliputi data fisik prasarana, fungsi prasarana sistem drainase, serta kondisi operasi dan pemeliharaan drainase. Aspek non fisik meliputi peraturan/kelembagaan, manajemen pembangunan, dan upaya Pemda mendorong peran serta masyarakat/swasta. Hasil perhitungan kinerja drainase didapatkan nilai 81,40 yang berarti kinerja sudah dalam kondisi baik. Dari hasil analisis SWOT didapatkan beberapa strategi untuk peningkatan kinerja drainase, yaitu meningkatkan sarana dan prasarana drainase untuk peningkatan cakupan pelayanan, meningkatkan peran lembaga tingkat desa, mengembangkan program pengelolaan drainase berbasis masyarakat, meningkatkan kualitas SDM drainase, meningkatkan pendanaan sektor drainase, meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan dan pemeliharaan drainase, menyusun peraturan daerah tentang pengelolaan drainase, dan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat mengenai pengelolaan dan pemeliharaan drainase. Dari hasil analisis AHP, didapatkan prioritas strategi peningkatan kinerja drainase antara lain meningkatkan peran serta masyarakat (score 0,306), menyusun Peraturan Daerah tentang drainase (score 0,277), meningkatkan kualitas SDM drainase (score 0,208), dan meningkatkan pendanaan sektor drainase (score 0,208). Kata kunci : Evaluasi, Kinerja, Sistem Drainase, Strategi, Prasarana

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN DRAINASE KOTA BANDA ACEH SECARA TERPADU(STUDI KASUS GAMPONG KEURAMAT DAN GAMPONG LAKSANA,KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH) (Yuswar, 2015)

STUDI KINERJA SALURAN DRAINASE KAMPUS UNSYIAH KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (Muhammad Iqbal, 2019)

PERENCANAAN EKO-DRAINASE DI KAWASAN GAMPONG KEURAMAT KOTA BANDA ACEH (MUNZIRWAN HABIBI, 2016)

EVALUASI KEBUTUHAN DRAINASE JALAN RAYA BERDASARKAN KONDISI MEDAN JALAN (STUDI KASUS JALAN PADA KABUPATEN ACEH TENGAH) (PADLI YOGA, 2017)

KAJIAN DIMENSI SALURAN DRAINASE DI KAWASAN RUANG KULIAH UMUM (RKU) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (FITRIA TSABITA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy