//

SINTESIS MEMBRAN KITOSAN-SILIKA ABU SEKAM PADI UNTUK PENURUNAN LOGAM BERAT CU SECARA ULTRAFILTRASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEASY AMANDA VALENTINE - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pada penelitian ini membran kitosan telah dibuat dengan metode inversi fasa dengan penambahan aditif silika abu sekam padi ke dalam larutan casting. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengevaluasi karakteristik membran kitosan-silika abu sekam padi untuk aplikasi pada penurunan logam berat Cu. Modifikasi membran kitosan diperlukan untuk menghasilkan membran dengan karakter yang lebih baik, misalnya meningkatkan kestabilan membran, memperkecil ukuran pori sehingga pemisahan molekul-molekul atau rejeksi makromolekul dari suatu larutan oleh membran lebih efektif. Konsentrasi membran kitosan-silika abu sekam padi divariasikan pada 20, 19, 17, dan 15 (% berat). Membran yang dihasilkan selanjutnya dikarakterisasi untuk parameter struktur morfologi dengan scanning electron microscopy (SEM), fourier transform infrared (FTIR). Fluks dan rejeksi larutan menggunakan modul filtrasi dead-end. Hasil uji SEM menunjukkan bahwa membran mempunyai pori dengan struktur asimetrik. Uji kinerja membran terhadap logam Cu mempunyai nilai rejeksi yaitu 38%, 39%, 46% dan 62% dengan perolehan fluks mencapai 0,4135 hingga 15,4377 L/jam.bar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENURUNAN KADAR LOGAM BESI AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI DENGAN ZEOLIT ALAM BANDA ACEH DAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Hasni, 2015)

IMMOBILISASI KOLOID SULFUR PADA PELLET ABU SEKAM PADI YANG TERLAPISI KITOSAN DAN UJI REAKTIVITASNYA TERHADAP UAP MERKURI (Rizka Dewi, 2018)

PENURUNAN KADAR LOGAM CD AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI NANO ZEOLIT ALAM ACEH DAN PENYARINGAN DENGAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Cut Raziah, 2017)

MODIFIKASI TEKNIK ULTRAFILTRASI UNTUK REDUKSI COLIFORM, LOGAM FE DAN MN PADA AIR SUMUR MASYARAKAT BANDA ACEH PASCA 14 TAHUN TSUNAMI (NANDA ERWINDA, 2019)

MODIFIKASI TEKNIK ULTRAFILTRASI UNTUK REDUKSI COLIFORM, LOGAM FE DAN MN PADA AIR SUMUR MASYARAKAT BANDA ACEH PASCA 14 TAHUN TSUNAMI (FERDIUS RUDIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy