//

KAJIAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG PADA PT MANGGALA USAHA MANUNGGAL SITE DUTA ALAM SUMATERA (DAS), DESA PAYO, KECAMATAN MERAPI BARAT, KABUPATEN LAHAT, SUMATERA SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lala Barzanzia Harley - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penambangan batubara PT Manggala Usaha Manunggal menggunakan metode dewatering untuk sistem penyalirannya. Didapati di lapangan, Sump, saluran terbuka dan Kolam Pengendap Lumpur (KPL) yang ada masih kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memberi masukan dan referensi kepada perusahaan sebagai bahan evaluasi dalam merencanakan maupun menerapkan sistem penyaliran tambang yang baik di masa yang akan datang. Metode yang digunakan untuk mengolah data curah hujan rencana dan intensitas curah hujan adalah dengan metode Gumbel dan rumus Mononobe. Perhitungan debit limpasan permukaan dan rancangan saluran terbuka menggunakan rumus Rasional dan Manning. Sedangkan rancangan sump menggunakan bantuan software: Minescape®, Autocad®, ArcGIS®, dan Global Mapper 15®. Debit pompa dan luas KPL menggunakan metode manual yaitu uji petik pompa dan pengukuran di lapangan. Curah hujan harian rencana maksimum sebesar 118,3 mm dengan intensitas curah hujan 1 jam sebesar 57,20 mm/jam. Debit total yang masuk pada DTH 1 sebesar 1,46 m3/detik, pada DTH 2 sebesar 0,075 m3/detik, dan pada DTH 3 sebesar 0,016 m3/detik. Diketahui head pompa untuk masing-masing pompa yaitu MP102 sebesar 71,3 m, MP103 sebesar 69 m, MP104 sebesar 68,7 m, dan MP105 sebesar 68,7 m. Volume sumuran aktual adalah 24.837,8 m3 dan belum cukup efektif menampung air yang masuk, maka perancangan dimensi sumuran yang akan dibuat yaitu dengan menambah kedalaman dimensi sumuran yang telah ada menjadi 5 m dan dilakukan perancangan ulang saluran terbuka ke KPL agar dapat mengalirkan air ke KPL secara efektif dengan dimensi yang seragam dan sesuai dengan debit air yang ditampung. Kata-kata Kunci: Curah Hujan, Sump, Saluran Terbuka, KPL, Head

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PROSES PENAMBANGAN BATUBARA MENGGUNAKAN ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 400 DAN ALAT ANGKUT HINO 500 FM 320 PD DI SITE MUARA TIGA BESAR SELATAN PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Irfan Zuhdiansyah, 2017)

PENGUKURAN HORMON PROGESTERON SECARA NON INVASIF PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) BETINA DI PENANGKARAN (RENCY AMRILANI, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAN PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (Ayu Risma Putri, 2013)

KAJIAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG PADA PT MANGGALA USAHA MANUNGGAL SITE DUTA ALAM SUMATERA (DAS), DESA PAYO, KECAMATAN MERAPI BARAT, KABUPATEN LAHAT, SUMATERA SELATAN (Lala Barzanzia Harley, 2019)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PATOGEN PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG KINANTAN BUKITTINGGI (ORYONA ROMADHON, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy