//

EVALUASI RUMAH ADAT ACEH DI DESA WISATA LUBOK SUKON ACEH BESAR DAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PELESTARIANNYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WIRA FIKRIA - Personal Name
SubjectBUILDING CONSTRUCTION
CUSTOM BUILDINGS - ARCHITECTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

EVALUASI RUMAH ADAT ACEH DI DESA WISATA LUBOK SUKON ACEH BESAR DAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PELESTARIANNYA Oleh: WIRA FIKRIA NIM 1409200060070 Komisi Pembimbing: 1. Ir. Mirza Irwansyah, MBA, MLA, Ph.D 2. DR. Renni Anggraini, ST, M.Eng ABSTRAK Setiap daerah memiliki arsitektur tradisional dan rumah adat yang khas sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut, termasuk salah satunya rumah adat yang terdapat di provinsi Aceh yang disebut rumah Aceh. Desa Lubok Sukon merupakan salah satu desa di provinsi Aceh yang masih mempertahankan rumah Aceh sebagai huniannya. Perkembangan permukiman yang lebih mengarah ke bentuk rumah masa kini, mengakibatkan keberadaan rumah Aceh menjadi terancam kelestariannya. Perkembangan Desa Lubok Sukon yang berdampak pada perubahan fisik kawasan bersejarahnya, menyebabkan dibutuhkannya pelestarian kawasan permukiman rumah adat Aceh dengan partisipasi masyarakat sehingga dapat terwujud suatu pelestarian yang berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi kualitatif dan kuantitatif (mixed method) dengan analisis deskriptif. Kuesioner dengan skala Likert dijadikan instrumen untuk mendapatkan data partisipasi masyarakat dan observasi dengan skala Guttman untuk kondisi eksisting rumah serta wawancara untuk mendapatkan rencana pengembangan pelestarian rumah Aceh. Penyebaran nilai hasil analisis diringkas dalam suatu distribusi frekuensi dan hasil perhitungan disajikan secara detail dengan gambar diagram. Hasil penelitian didapat partisipasi masyarakat pada pelestarian rumah adat Aceh cukup tinggi dilihat dari kepedulian dan minat untuk melestarikan rumah adat Aceh serta keinginan masyarakat untuk untuk tetap mempertahankan rumah Aceh dengan persentase 82,5%. Pengembangan pelestarian rumah adat Aceh mencakup penataan bangunan dan lingkungan di Desa Lubok Sukon. Karena perkembangan zaman dan teknologi, beberapa unsur tradisional rumah Aceh mengalami perubahan, namun secara visual identitas rumah Aceh umumnya tetap. Kata kunci: Partisipasi masyarakat, rumah adat, pelestarian, desa wisata.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ACEH TOURISM HOTEL DI BANDA ACEH (Yayang Nisfulawati, 2018)

PARTISIPASI MASYARAKAT ADAT DALAM KONSERVASI SUMBERDAYA HUTAN DI KECAMATAN KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR (Titit Lestari, 2014)

PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DALAM PENGELOLAAN OBJEK PARIWISATA PANTAI LAMPUUK KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Almunadia, 2018)

ISNTALASI PENERANGAN PADA GEDUNG PSIKOLOGI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH (ABDUL RASEK, 2019)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA PUUEK DI KECAMATAN PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN (mahmudi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy