//

SINTESIS PLASTIK BIODEGRADABLE DARI ATI BONGGOL PISANG DENGAN PENAMBAHAN NANOKITOSAN, SORBITOL, DAN MINYAK KAYU MANIS SEBAGAI ANTIOKSIDAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEWI OETARY - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Plastik biodegradable merupakan plastik dengan bahan baku utama berasal dari tumbuhan atau limbah tumbuhan, seperti pati, selulosa, dan polylactic acid sehingga mudah didegradasi dan pemanfaatan limbah pun lebih efisien. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah pati. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mempelajari karakteristik terbaik dari plastik yang dihasilkan dari variasi yang telah ditetapkan. Pati yang digunakan adalah pati bonggol pisang dengan variasi konsentrasi kitosan, sorbitol, dan minyak kayu manis. Variabel yang digunakan adalah perbandingan berat pati dan air yaitu 1:5. Konsentrasi nanopartikel kitosan 0,25%, 0,5%, dan 0,75%, konsentrasi sorbitol 2 ml, 4 ml, dan 6 ml, dan konsentrasi kayu manis 0%, 0,5%, dan 1%. Hasil uji SEM didapatkan bahwa penambahan minyak kayu manis menjadikan campuran tidak begitu homogen. Hasil tensile strength terbaik yaitu 19,6 MPa pada konsentrasi kitosan 0,75% dan sorbitol 2 ml, elongasi terbaik yaitu 47,69% pada kitosan 0,25% dan sorbitol 6 ml, untuk pengujian daya serap air tertinggi yaitu pada konsentrasi kitosan 0,25% dan sorbitol 6 ml adalah 53,77%. Pada Uji FTIR didapatkan tidak adanya senyawa baru yang terbentuk, yang berarti bahwa proses ini merupakan proses fisik, dimana gugus-gusus yang terlihat pada pembacaan gelombang merupakan gugus dari senyawa bahan-bahan yang digunakan. Untuk degradabilitas plastik, plastik terurai sempurna pada hari ke-56 dan yang paling lama yaitu pada hari ke-77. Pengemasan makanan juga sangat efektif akibat adanya penambahan kitosan serta minyak kayu manis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI KITOSAN, PATI BONGGOL PISANG (MUSA PARADISIACA, L), DAN MINYAK JARAK (CASTOR OIL) (Zuhra, 2017)

PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI BONGGOL PISANG KEPOK DENGAN PENAMBAHAN CMC (CARBOXY METHYL CELLULOSE) DAN MINYAK SEREH (LEMONGRASS OIL) SEBAGAI ANTIMIKROBA DAN ANTIOKSIDAN (Irmayanti, 2015)

ANALISIS KANDUNGAN PATI PADA BONGGOL PISANG (Widya Sani, 2015)

SINTESIS PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TAPIOKA DENGAN VARIASI PERLAKUAN N-ISOPROPILAKRILAMID DAN KHITOSAN MENGGUNAKAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (Sitta Safwani, 2015)

PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK BONGGOL PISANG AYAM TERHADAP VIABILITAS BENIH MELON (CUCUMIS MELO L.) PADA SRESS SALINITAS (Hamiyati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy