//

MERUBAH SIKAP NEGATIF SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hariyati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hariyati, 2018 Merubah Sikap Negatif Siswa Terhadap Mata Pelajaran Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala Pembimbing: (1) Drs. M. Husen, M.Pd, (2) Nurbaity, S.Pd, M.Ed Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Sikap Negatif Terhadap Mata Pelajaran Sikap negatif terhadap mata pelajaran merupakan suatu kecenderungan individu untuk bertingkah laku secara negatif dalam merespon mata pelajaran. Semakin individu mampu merubah sikap negatif menjadi sikap positif terhadap mata pelajaran maka individu akan semakin mampu bertingkah laku sesuai dengan aturan-aturan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bimbingan kelompok dalam merubah sikap negatif siswa menjadi sikap positif terhadap mata pelajaran. Dalam hal ini bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan konseling yang membantu siswa dalam penyelesaian masalah secara bersama-sama dalam nuansa berkelompok yang bertujuan untuk menjadikan individu mandiri, menghargai orang lain, aktif serta berbagi pengalaman dalam penyelesain masalah ya ng dihadapi. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif pre-exsperimental design dengan bentuk one group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran yang berada pada kateg ori sedang dan rendah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala sikap.Validitas yang diperoleh dari angket skala sikap yang disusun sebanyak 54 item, terdapat 31 item yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,880 yang artinya memiliki reliabilitas tinggi. Analisis data dilakukan dengan mengkategorikan ke dalam norma kategori lalu di uji melalui Wilcoxon sign test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rara-rata pretest sebesar 74,80 lebih rendah dari rata-rata posttest yaitu 100,40. Hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,005 atau menunjukkan probabilitas di bawah 0,05 (0,005

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN PKN DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (Suryati, 2015)

“PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJARRNDENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR (LES) PADA MATA PELAJARANRNIPS DI KELAS IV GUGUS LANGSAT BANDA ACEH” (maisyarah, 2014)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Safiatul Husna, 2014)

KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (cut nurul fakhinah, 2013)

SIKAP SISWA TERHADAP UNJUK KERJA GURU BK DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMP NEGERI DI BANDA ACEH (Fadhlur Rahmah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy