//

EVALUASI KINERJA JARINGAN IRIGASI DAERAH IRIGASI BARO KANAN KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Husaini - Personal Name
SubjectIRRIGATION - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

EVALUASI KINERJA JARINGAN IRIGASI DAERAH IRIGASI BARO KANAN KABUPATEN PIDIE Oleh : Husaini NIM : 1309200060084 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eldina Fatimah, M.Sc 2. Dr. Ir. Masimin, M.Sc ABSTRAK Daerah Irigasi Baro Kanan salah satu daerah irigasi yang difokuskan pada peningkatan produktivitas tanaman pangan di Kabupaten Pidie. Daerah irigasi yang pembangunannya selesai tahun 1997 ini berfungsi mengairi lahan pertanian seluas 8.920 ha dengan sumber air sungai Krueng Baro. Pada beberapa tahun terakhir Daerah Irigasi Baro Kanan mengalami keterbatasan dalam ketersediaan air. Permasalahan saat ini pada Daerah Irigasi Baro Kanan adalah berkurangnya debit air irigasi sampai ke lahan pertanian. Evaluasi kinerja jaringan irigasi dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran kondisi saat ini. Tujuan studi : 1) Mengetahui debit ketersediaan air dan debit kebutuhan air tiap bulannya ditinjau dari faktor K (keseimbangan air); 2) Mengetahui kondisi jaringan irigasi pada sistem irigasi Baro Kanan; 3) Penilaian kinerja jaringan irigasi berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 12/PRT/M/2015. Metode penelitian berupa survei dan dokumentasi untuk penilaian sistem irigasi meliputi prasarana fisik, produktivitas tanaman, sarana penunjang OP, organisasi personalia pelaksana OP, dokumentasi dan kondisi kelembagaan P3A. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat kecukupan air (faktor K) pada Daerah Irigasi Baro Kanan sebesar 67%, kondisi prasarana fisik sebesar 73,7%, produktivitas tanaman sebesar 69,8%, sarana penunjang OP 88,4%, organisasi personalia pelaksana OP 79,7%, dokumentasi 62,8%, dan kondisi kelembagaan P3A 12%. Berdasarkan penilaian kinerja mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 12/PRT/M/2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi, diperoleh kinerja Jaringan Irigasi Baro Kanan masuk kategori kinerja kurang dan perlu perhatian dengan persentase kinerja sebesar 67,62%. Kata kunci : Skema irigasi, kecukupan air, faktor K, kinerja irigasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENILAIAN DAN UPAYA PENINGKATAN KINERJA SISTEM IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI KR. BARO KIRI KABUPATEN PIDIE (Firman Saputra, 2018)

IDENTIFIKASI ANGKA KEBUTUHAN NYATA OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN (AKNOP) PADA JARINGAN IRIGASI KRUENG BARO KABUPATEN PIDIE (Nofrizal, 2019)

OPTIMASI POLA TANAM DAN JADWALTANAM DAERAH IRIGASI BARO UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN (Uli Zahrati, 2018)

KAJIAN KINERJA SISTEM IRIGASI DI DAERAH IRIGASI PANDRAH KABUPATEN BIREUEN (WINARDI, 2019)

KAJIAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS JARINGAN IRIGASI KRUENG BARO KIRI KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH (Imam Faudli, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy