//

NILAI TAMBAH PADA PENGOLAHAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L) DI CV. MANDIRI COFFEE GAYO KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RONA LUKMA YUNIKA - Personal Name
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Rona Lukma Yunika Nilai Tambah Pada Pengolahan Kopi Arabika (Coffea arabica L) CV. Mandiri Coffee Gayo Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah di bawah bimbingan Bapak Akhmad Baihaqi, SP. MMA RINGKASAN CV. Mandiri Gayo merupakan salah satu usaha pengolahan kopi arabika. Pengolahan ini dilakukan untuk dapat meningkatkan nilai tambah pada produk olahan tersebut. Usaha ini dimulai dari gabah kopi arabika yang berkadar air 37% sampai menjadi green bean yang sudah memiliki kadar air 12% . tujuan dari penelitan ini adalah untu k mengetahui berapa jumlah nilai tambah pada pengolahan kopi arabika di CV. Mandiri Coffee Gayo hingga menjadi green bean. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi nilai tambah dengan menggunakan metode Hayami. Hasil Tugas akhir diperoleh dari bahan baku gabah kopi arabika yang diolah sebanyak 2.000 kg dalam satu kali proses. Rata-rata dalam 1 tahun proses pengolahan dilakukan sebanyak 4 kali. Rata - rata dalam green bean yang dihasilkan sebanyaj 1.354 kg dalam satu kali proses denga n kadar air 12%. Harga gabah kopi arabika Rp 27.000/kg dengan kadar air 37%. Dari hasil pencarian penulis dengan menggunakan metode hayami nilai tambah yang diperoleh di CV.Mandiri Coffe Gayo adalah sebesar Rp 40.700/kg dengan rasio nilai tambah yang dihasilkan adalah 60,11 %.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN DAUN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Sulastri Oktarin, 2018)

STRATEGI PEMASARAN GREEN BEAN KOPI ARABIKA DI CV. GAYO MANDIRI COFFE DESA PONDOK GAJAH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (FIKRI YUMANSYAH, 2019)

ANALISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA EKSPOR DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Peggi Epaga, 2018)

NILAI TAMBAH PADA PENGOLAHAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L) DI CV. MANDIRI COFFEE GAYO KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (RONA LUKMA YUNIKA, 2019)

VARIASI PEMBERIAN KONSENTRASI SAMPAH KULIT KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAPHNIA SP. (Rizkan Fahmi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy