//

MONITORING PULAU PANAS PERKOTAAN (URBAN HEAT ISLAND) BERDASARKAN PENILAIAN TEMPERATUR PERMUKAAN DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN PENGINDERAAN JAUH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZINATUL HAYATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Monitoring Pulau Panas Perkotaan (Urban Heat Island) berdasarkan penilaian temperatur permukaan dengan memanfaatkan citra satelit dan algoritma NDVI (Normalized Difference Vegetation Indeks) telah dilakukan di Kota Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perubahan temperatur dan area kehijauan sesuai letak geografis serta dampak yang muncul dari rehabilitasi dan rekonstruksi yang sudah dilakukan. Penelitian ini menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dimana tahap awal adalah pengumpulan data citra satelit yang diperoleh pada tahun 2004, 2009, 2013, 2015 dan 2017. Kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan software PCI Geomatika 2016. Hasil penelitian, berdasarkan nilai LST (Land Surface Temperatur) rata – rata menunjukkan bahwa titik terpanas tersebar luas di kecamatan Kuta Alam dan Baiturrahman. Nilai LST rata – rata tertinggi sebesar 44,830C. Hal ini disebabkan berkurangnya daerah kehijauan akibat peningkatan populasi penduduk yang ditandai dengan rendahnya nilai NDVI sehingga muncul Urban Heat Island (UHI) pada kedua wilayah itu. Sementara pada 7 kecamatan lain meliputi kecamatan Syiah Kuala, Lueng Bata, Kuta Raja, Banda Raya, Jaya baru, Meuraxa dan Ulee Kareng sudah mulai tampak titik panas meskipun belum merata. Nilai NDVI sebesar 0,4 – 1 banyak diperoleh di kecamatan Lueng Bata, Ulee Kareng dan Banda Raya artinya tingkat kehijauan masih tinggi di wilayah tersebut. Hasil penelitian juga memperlihatkan nilai LST yang didapatkan dari keseluruhan kecamatan pada tahun 2004, 2009, 2013, 2015 dan 2017 adalah 38°C. Kata Kunci: Remote Sensing, Citra Landsat, LST, NDVI, UHI

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI METODE PENGINDERAAN JAUH MENGGUNAKAN DATA DEM SRTM DAN CITRA LANDSAT UNTUK KAJIAN PANAS BUMI DI PULAU WEH (Laura Vadzla H, 2017)

EVALUASI SUHU PERMUKAAN FASADE BANGUNAN PERTOKOAN (STUDI KASUS: JL. DR. MR. MOHD HASAN, BATOH, BANDA ACEH) (Nilam Wahyu Ningsih, 2019)

ANALISA UNJUK KERJA KONDENSOR TEKANAN 0,0082 MPA KAPASITAS 18.500 M3/H DI PT. PLN SEKTOR NAGAN RAYA (SAID RAHMAT, 2018)

KARAKTERISTIK INTERAKSI FLUIDA DAN PENDUGAAN SUHU BAWAH PERMUKAAN PADA SISTEM PANAS BUMI JABOI, SABANG (ELLI YANI, 2019)

KONDISI TERUMBU KARANG DI PERAIRAN PULAU BATEE KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Saiful Mahlil, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy