//

UPAYA GURU MEMBERIKAN BIMBINGAN SOSIAL PRIBADI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmatun Ulya - Personal Name
SubjectTEACHERS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ulya, Rahmatun. 2019. Upaya Guru Memberikan Bimbingan Sosial Pribadi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Saree Kecamatan lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dra. Hasmiana Hasan, M. Si (2) Drs. M. Husin, M. Pd Kata Kunci: Upaya Guru, Bimbingan Sosial Pribadi Bimbingan sosial pribadi diberikan kepada individu, agar mampu menghadapi dan memecahkan permasalahan sosial pribadinya secara mandiri, Hal ini diketahui dari perilaku siswa yang membuat keributan dikelas menggangu temannya yang sedang belajar dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam memberikan bimbingan sosial pribadi pada siswa SD Negeri 1 Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. untuk mendeskripsikan kendala guru dalam memberikan bimbingan sosial pribadi pada siswa SD Negeri 1 Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini 6 orang wali kelas dari kelas I sampai kelas VI. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan sosial pribadi pada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dilakukan dengan cara (1) Guru melakukan persiapan untuk merencanakan pembinaan yang dilakukan dalam pembinaan bagi siswa yang mengalami permasalahan dalam perkembangan sosial pribadi .(2) Guru juga membina siswa dengan memberikan nasehat dan menunjukkan keteladanan pada siswa .(3) Tahap selanjutnya yang dilakukan oleh guru adalah memberikan peringatan jika proses pembinaan t idak dapat berjalan dengan baik. (4) Langkah terakhir yang dilakukan oleh guru dalam membimbing sosial pribadi siswa dengan memberikan motivasi dan bantuan. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam memberikan bimbingan sosial pribadi bagi siswa adalah keterbatasan waktu yang tersedia. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh guru bahwa waktu yang tersedia harus dapat terbagi-bagi untuk proses mengajar, memotivasi dan juga melakukan evaluasi kepada siswa. Sehingga, sangat tidak mungkin bagi guru untuk memberikan motivasi sepanjang waktu karena akan menggangu pencapaian tujuan pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Agus Tya Sari, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (SURYATI, 2015)

KETERAMPILAN GURU WIYATA BAKTI DALAM MENGELOLA KELAS DI SDN 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (MAULIDAR, 2018)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PASI LHOK KABUPATEN PIDIE TAHUN AJARAN 2017/2018 (Nurlena, 2019)

TANGGAPAN SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN YANG DILAKUKAN GURU IPS PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (Putri Yunita, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy