//

HAMBATAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK DI KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI REMEJA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Remeja, Siti. 2018.Hambatan Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berbasis Saintifik Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Mislinawati, S.PdI, M.Pd., (2) Drs. Sulaiman, M.Si Kata kunci :Hambatan, model pembelajaran berbasis saintifik Penelitian ini berjudul hambatan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran berbasis saintifik di Kelas IV SDN Unggul Lampeuneurut. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah “ apa saja hambatan yang di alami guru didalam menerapkan model-model pembelajaran berbasis saintifik dikelas IV SDN Unggul lampeuneurut serta bagaimana cara guru mengatasi hambatan tersebut. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam menerapkan model-model pembelajaran berbasis saintifik dikelas IVserta bagaimana solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini 3 orang guru kelas IV SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis saintifik, ada beberapa hambatan yang dialami guru (1) materi yang sulit tidak sesuai dengan pengetahuan awal peserta didik, (2) peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat.(3) guru kesulitan mengatur alokasi waktu. Cara guru untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu, (1) guru merancang media pembelajaran yang akan digunakan serta mengarahkan terlebih dahulu peserta didik langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan,guru mencari bahan yang memadai sesuai dengan materi yang akan diajarkan, (2) guru memotivasi peserta didik agar semangat dalam bertanya dan berani menyampaikan pendapat, (3) guru melakukan perencanaan terlebih dahulu berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah guru memiliki hambatan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis saintifik, namun guru memiliki keinginan yang kuat untuk mengatasi hambatan tersebut dengan cara guru melakukan diskusi dengan teman sejawat,serta mengembangkan wawasan tentang model-model pembelajaran berbasis saintifik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR (FATIMAH JURAINI, 2018)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-6 MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Rahmi Keumalasari, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR (TUTIA FITRI, 2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Dina Safriana, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH. (Cut Dara Alissha, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy