//

PRODUKSI MINYAK GAHARU DENGAN METODE MICROWAVE HIDRODISTILASI DAN HIDRODISTILASI UNTUK MENGHASILKAN ESSENSIAL OIL KUALITAS TINGGI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosi Padedi S - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Minyak Gaharu adalah salah satu minyak atsiri yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Minyak atsiri yang berasal dari tanaman gaharu ini biasanya dipakai sebagai pewangi, obat-obatan dan bahan kosmetik. Tujuan penelitian ini yaitu membandingkan produksi minyak gaharu dengan metode microwave hidrodistilasi dan metode hidrodistilasi serta membandingkan kualitas dari minyak gaharu yang dihasilkan. Dengan memvariasikan waktu perendaman 15 hari dan 30 hari serta waktu distilasi 48 jam, 72 jam dan 96 jam untuk memperoleh minyak gaharu dengan kualitas terbaik. Hasil penelitian menunjukkan kualitas terbaik dari minyak gaharu diperoleh pada waktu perendaman 15 hari dan waktu penyulingan 72 jam dengan menggunakan metode microwave hidrodistilasi yang dibuktikan dengan adanya senyawa Guaiol melalui analisa GC-MS yang mengidentifikasikan aroma khas dari gaharu dan adanya gugus silika melalui analisa FT-IR serta indeks bias yang diperoleh yaitu sebesar 1,4421, kadar air 4,03%, densitas 0,940 mg/L dan rendemen 0,48%. Dari segi waktu distilasi dan rendemen yang dihasilkan dengan dua metode memberikan hasil ditilasi terbaik pada metode microwave hidrodistilasi dengan nilai recovery sebesar 78,50%. Kata kunci: Minyak Atsiri, Gaharu, Hidrodstilasi, Microwave Hydrodistilation

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP (Muhammad dami, 2017)

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP (Masruri, 2017)

PENINGKATAN KUALITAS MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ADSORBEN DARI CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PARAMETER BILANGAN PEROKSIDA, BILANGAN ASAM, KADAR AIR DAN WARNA (ANNISA RAHMI, 2019)

PENINGKATAN KUALITAS MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ADSORBEN DARI CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PARAMETER BILANGAN PEROKSIDA, BILANGAN ASAM, KADAR AIR DAN WARNA (NUR RISKA CARILYA, 2019)

PENINGKATAN KONSENTRASI SITRALRNMINYAK SEREH DAPUR (CYMBOPOGON CITRATUS)RNMENGGUNAKAN DISTILASI VAKUM (DEWI ERMAYA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy