//

RISIKO PADA INDUSTRI PETERNAKAN AYAM BROILER DENGAN MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DAN VAR (VALUE AT RISK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERI TRI IRAWAN - Personal Name
SubjectINDUSTRIAL ENGINEERING - FARM PRODUCE
INDUSTRIAL PRODUCTIVITY
RISK - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Permasalahan yang dihadapi pada indsutri peternakan ayam broiler adalah karena tingginya tingkat kematian ayam yang dihadapi peternak, sehingga hal ini menjadi sektor kegagalan utama pada industri peternakan ayam broiler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan sumber-sumber risiko pada peternakan ayam broiler dan melihat dampak kerugian dari risiko tersebut terhadap indsutri peternakan ayam broiler. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode z-score dan VaR (Value at Risk). Dari hasil kajian yang telah diteliti terdapat 4 jenis risiko produksi pada peternakan ayam broiler KLS. Farm, yaitu kepadatan ruang, perubahan cuaca, hama predator dan penyakit. Sumber risiko terbesar yang menyebabkan kematian adalah penyakit dan kepadatan ruang. Sumber risiko penyakit memiliki tingkat probabilitas 37,8 persen kemudian kepadatan ruang memiliki tingkat probabilitas 27,7 persen serta sumber risiko terkecil adalah perubahan cuaca dan hama predator. Sumber risiko perubahan cuaca memiliki tingkat probabilitas 12,3 persen dan sumber risiko hama predator memiliki tingkat probabilitas 17,1 persen. Dampak kerugian terbesar terjadi pada sumber risiko penyakit dengan dampak kerugian sebesar 31,52% dan sumber risiko kepadatan ruang dengan dampak kerugian sebesar 14,70%. Kata Kunci : Manajemen Risiko, Peternakan Ayam Broiler

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN RISIKO RANTAI DINGIN IKAN TUNA BEKU DENGAN PENDEKATAN LOGIKA FUZZY (STUDI KASUS: KLASTER INDUSTRI LAMPULO) (MUKMINATUL AFIFAH, 2019)

ANALISIS STRATEGI MITIGASI RISIKO SUPPLY CHAIN DI PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA (Raihan Dara Lufika, 2015)

ANALISIS MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL) PADA KEGIATAN LOADING DAN HAULING DI PT LAFARGE CEMENT INDONESIA ACEH (M.Syaoqi Najib, 2019)

ANALISIS PENGARUH DEPOSIT INSURANCE TERHADAP PENGAMBILAN RISIKO (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA) (DEA ALMIRA FADHLI, 2015)

ANALISA POTENSI BAHAYA DAN PENILAIAN TINGKAT RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL) PADA LIMESTONE CRUSHER PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR (Muhammad Hafiz, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy