//

ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT TIDAK BERSINYAL PADA SIMPANG EMPAT MERDUATI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yori Fatman - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kondisi pada Simpang Empat Merduati Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh cukup padat pada saat jam puncak dan simpang ini merupakan jalan alternatif untuk keluar masuk kendaraan dari satu kecamatan ke kecamatan lain salah satu simpang tak bersinyal di kawasan permukiman yang cukup padat pada saat jam puncak, simpang ini memiliki 4 lengan di mana 2 lengan simpang di jalan utama (mayor) dan 2 lengan simpang pada jalan minor . Simpang ini mengalami antrian yang panjang, sehingga menyebabkan terjadinya penurunan kecepatan dan tundaan. Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data geometrik simpang, arus lalu lintas, waktu tempuh kendaraan, dan mengumpulkan data jumlah penduduk, peta wilayah dari beberapa instansi. Kinerja Simpang Tak Bersinyal diolah dengan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 yaitu dengan pengumpulan data geometrik, data lingkungan, volume lalu lintas selama 3 hari. Data tersebut diolah dan dianalisis, sehingga didapat indikator kinerja simpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas puncak pada Hari Senin sebesar 1164 smp/jam, pada jam sibuk siang pukul 13.00-14.00 WIB. Kapasitas simpang (C) sebesar 3360,25 smp/jam, nilai derajat kejenuhan (DS) yang didapat adalah 0,3464. Nilai DS yang didapat pada simpang ini di bawah ketetapan DS menurut MKJI 1997 yaitu di bawah angka 0,90. Tundaan simpang (D) yang terjadi pada volume tertinggi tersebut sebesar 8,06 det/smp. Nilai batas bawah pada peluang antrian sebesar 6,03% dan pada nilai batas atas 14%. Berdasarkan nilai derajat kejenuhan yang didapat, kinerja simpang Empat Merduati termasuk tingkat pelayanan B, yaitu tundaan simpang diantara 5-10 (detik/jam) yang mengindikasikan keadaan arus cukup stabil, pengemudi masih mendapatkan kebebasan untuk melihat halangan di sekitar simpang. Simpang ini dipengaruhi oleh hambatan samping yang menyebabkan penurunan kecepatan dan terjadinya keterlambatan. Kata kunci : Kapasitas, Tundaan, Peluang Antrian,Hambatan Samping Simpang tidak bersinyal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK-BERSINYAL DAN BUNDARAN MENGGUNAKAN ARUS IDEAL (MUHAMMAD AZKIA AGUSSA, 2016)

EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT TIDAK BERSINYAL PADA SIMPANG A.GANI DESA BANDAR BARU KOTA BANDA ACEH (M. Reza Pahlevi, 2018)

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG REMI KOTA LANGSA DENGAN METODE MKJI DAN SIMULASI (IQBAL, 2017)

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG REMI KOTA LANGSA DENGAN METODE MKJI DAN SIMULASI (IQBAL, 2017)

EVALUASI KINERJA SIMPANG TIGA TIDAK BERSINYAL PADA SIMPANG TAMAN SISWA DESA MERDUATI KOTA BANDA ACEH (Rizki Bachtiar, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy