//

SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF DENGAN ENERGY HARVESTING PADA KANAL FADING RICIAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FIKRI HAIKAL - Personal Name
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pada sistem komunikasi nirkabel, kondisi kanal sangat mempengaruhi kehandalan sistem komunikasi. Fading merupakan salah satu yang menyebabkan penurunan performansi jaringan komunikasi akibat perambatan sinyal dalam beragam lintasan komunikasi. Sistem komunikasi kooperatif mampu mengatasi fading, akan tetapi meningkatkan konsumsi daya pada jaringan komunikasi koperatif yaitu dengan adanya relay. Oleh karena itu, energy harvesting perlu diterapkan pada sistem komunikasi kooperatif yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi energi. Kemudian dari pada itu, fading Rician memiliki komponen Line of Sight (LOS) yang memungkinkan adanya pengumpulan energi yang lebih besar dari pada fading Rayleigh dengan menggunakan teknik energy harvesting. Energy harvesting memiliki dua protokol, power splitting dan time switching yang melakukan pemrosesan sinyal informasi dan pengumpulan energi di relay. Penelitian mengenai optimalisasi power splitting pada energy harvesting dengan model kanal fading Rician masih sedikit pengkajian yang telah dilakukan. Penelitian ini mengkaji suboptimal power splitting pada kanal fading Rician dan membandingkannya dengan model kanal fading Rayleigh di sistem komunikasi kooperatif yang dikaji dengan tiga model skenario, model I; jalur komunikasi sumber ke relay dan relay ke tujuan dimodelkan dengan fading Rayleigh, model II; jalur komunikasi sumber ke relay dimodelkan dengan fading Rician sedangkan relay ke tujuan dimodelkan dengan fading Rayleigh dan model III; jalur komunikasi sumber ke relay dan relay ke tujuan dimodelkan dengan fading Rician. Suboptimal power splitting dianalisis dengan menghitung nilai ekspektasi throughput atau throughput rata-rata. Hasil simulasi menunjukkan optimalisasi rasio power splitting pada ketiga model jaringan tersebut dan throughput rata-rata pada kanal fading Rician lebih besar dibandingkan dengan fading Rayleigh. Kemudian efisiensi energi yang tinggi terjadi di suboptimal power splitting dibandingkan dengan tanpa suboptimal power splitting lebih lanjut, maksimum efisiensi energi diperoleh pada model kanal fading Rician. Kata kunci: komunikasi kooperatif; energy harvesting; suboptimal energy harvesting; power splitting; fading Rayleigh; fading Rician; throughput rata-rata; konsumsi energi; efisiensi energi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMALISASI ALOKASI DAYA PADA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL AMPLIFY AND FORWARD (AAF) (Bunga, 2013)

ANALISIS KINERJA PADA JARINGAN KOOPERATIF MULTI-HOP RELAY MENGGUNAKAN PROTOKOL AMPLIFY AND FORWARD (AF) DENGAN ALOKASI DAYA (CUT MELDA SEPTIANI, 2016)

ANALISIS KINERJA JARINGAN KOOPERATIF MULTI-HOP RELAY BERBASIS PROTOKOL AMPLIFY-QUANTIZE AND FORWARD ( AQF). (Alfian, 2016)

PERBANDINGAN PERFORMANSI TWO-WAY COOPERATIVE WLAN MENGGUNAKAN NON-ORTHOGONAL DAN ORTHOGONAL AMPLIFY AND FORWARD (Kurnia Rizki, 2017)

PERBANDINGAN BEBERAPA STRATEGI PENGKODEAN JARINGAN TERHADAP KINERJA JARINGAN KOOPERATIF BERBASIS MULTIPLE-ACCESS RELAY CHANNEL (MARC) (Yunida, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy