//

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA BANGUNAN EMBUNG DESA BHA ULEE TUTU KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Muliya - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam perencanaan dan pekerjaan suatu konstruksi bangunan sipil tanah mempunyai peranan yang sangat penting. Dalam hal ini, tanah berfungsi sebagai penahan beban akibat konstruksi di atas tanah yang harus bisa memikul seluruh beban bangunan dan beban lainnya yang turut diperhitungkan, Sehingga kuat atau tidaknya bangunan/konstruksi itu juga dipengaruhi oleh kondisi tanah yang ada. Dalam penelitian ini meliputi penelitian tanah yang dikaji pada embung Desa Bha Ulee Tutu Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh besar. Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui parameter kuat geser tanah yang ada di embung Desa Bha Ulee Tutu Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian melalui pengujian dimulai dengan memeriksa sifat-sifat fisis tanah yang meliputi pengukuran berat jenis, pengukuran batas cair, pengukuran batas plastis dan pembagian butir, sedangkan pemeriksaan sifat mekanis tanah yang meliputi kuat geser langsung. Adapun hasil pengujian titik 1 dan 2, sifat-sifat fisis yaitu: berat jenis pada titik 1 sebesar 1,79, dan titik 2 sebesar 1,87. Untuk pengukuran batas cair pada titik 1 sebesar 59,87%, dan titik 2 sebesar 75,81%. Untuk pengukuran batas plastis pada titik 1 sebesar 28,98%, dan pada titik 2 sebesar 31,58%. Nilai indeks plastis pada titik 1 sebesar 30,89%, dan titik 2 sebesar 44,23%. Tanah tersebut menurut klasifikasi AASHTO A-7-6 (20), sedangkan menurut sistem USCS tanah tersebut diklasifikasikan kedalam lempung tak organik dengan plastisitas tinggi, dengan simbol kelompok CH. Berdasarkan hasil pengujian kuat geser nilai sudut geser (ϕ) pada titik 1 yaitu 7,65° dan nilai kohesi (c) sebesar 0,121kg/cm². Sedangkan pada titik 2 yaitu 19,47° dan nilai kohesi sebesar 0,301 kg/cm². Kata Kunci : Sudut Geser Dalam, Kohesi dan Lempung.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA BANGUNAN AIR (EMBUNG) DESA LAMBUNOT KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (Rizal Efendi, 2019)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH DASAR PADA BANGUNAN AIR (TANGGUL SUNGAI) DI DESA BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Puspa Cahyaning Pambudi, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KARBIT TERHADAP PARAMETER KUAT GESER TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG KECAMATAN MONTASIK DENGAN PENGUJIAN DIRECT SHEAR (REZA KHAIDIR, 2017)

PENGUJIAN SAMPEL TANAH PADA SUNGAI MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT MENGGUNAKAN PARAMETER KUAT GESER DENGAN METODE DIRECT SHEAR (Cut Merlin, 2018)

PENGARUH PENCAMPURAN KAPUR TERHADAP PARAMETER KUAT GESER PADA TANAH APURAN (DAFFA AGUNG RAMADHAN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy