//

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA BANGUNAN AIR (EMBUNG) DESA LAMBUNOT KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizal Efendi - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Untuk membuat suatu bangunan di lapangan harus memperhatikan sifat-sifat tanah dengan baik. Begitu juga untuk pembangunan air, yang digunakan untuk memanfaatkan dan mengendalikan air di sungai maupun danau. Penelitian ini meliputi penelitian tanah yang dikaji pada Embung Sungai Desa Lambunot Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Tujuan untuk mengetahui sudut geser tanah dan kohesi didaerah tersebut. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian sifat-sifat fisis tanah, dan pengujian sifat mekanis meliputi pengujian geser langsung (direct shear) dengan menggunakan contoh tanah pada penelitian ini sampel tanah yang digunakan adalah tanah tak teganggu (undisturbed) dan tanah terganggu (disturbed) yang berasal dari tanah Embung Sungai pada Desa Lambunot. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan di Laboratorium, maka diperoleh hasil masing-masing benda uji yaitu berat jenis tanah pada titik 1 sebesar 1,80, dan titik 2 sebesar 1,82. Untuk pengukuran batas cair (LL) pada titik 1 sebesar 59,51%, dan titik 2 sebesar 59,93%. Untuk pengukuran nilai batas plastis (PL) sebesar pada titik 1 sebesar 27,25%, dan titik 2 sebesar 21,85%. Nilai indeks plastis (PI) pada titik 1 sebesar 32,26%, titik 2 sebesar 38,08%. Tanah yang lolos saringan 200 yaitu pada titik 1 sebesar 85,38%, dan titik 2 sebesar 97,85%. Untuk nilai hasil sudut geser (ø) pada titik 1 sebesar 2,11o dan titik 2 sebesar 9,62o, sedangkan nilai hasil kohesi (c) pada titik 1 sebesar 0,33 kg/cm², dan titik 2 sebesar 1.08 kg/cm². Hasil pada penelitian ini, tanah di sekitar embung sungai pada Desa Lambunot merupakan tanah lempung anorganik dengan plastisitas rendah sampai sedang, lempung berkerikil, lempung berpasir, lempung berlanau, lempung. Kata kunci : Uji Geser Langsung, Tanah Lempung, Sudut Geser Dalam, Kohesi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH PADA BANGUNAN EMBUNG DESA BHA ULEE TUTU KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (Rizki Muliya, 2019)

PENGUJIAN KUAT GESER TANAH DASAR PADA BANGUNAN AIR (TANGGUL SUNGAI) DI DESA BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Puspa Cahyaning Pambudi, 2018)

PENGUJIAN SAMPEL TANAH PADA SUNGAI MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT MENGGUNAKAN PARAMETER KUAT GESER DENGAN METODE DIRECT SHEAR (Cut Merlin, 2018)

PENGARUH KATIONISASI UNTUK MEREDUKSI INDEKS PLASTISITAS TANAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KUAT GESER TANAH LEMPUNG EKSPANSIF (TEUKU JULLIS SYAMDIOFA, 2018)

STABILISASI TANAH DESA ATEUK ANGGOK KECAMATAN INGIN JAYA DENGAN MENGGUNAKAN ABU SABUT KELAPA TERHADAP PARAMETER KUAT GESER MENGGUNAKAN ALAT UJI DIRECT SHEAR (HERLIAWAN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy