//

ANALISIS KAPASITAS PUNTIR BALOK BETON BERTULANG MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN FLY ASH BATU BARA SEBAGAI ADITIF DAN BIJIH BESI SEBAGAI FILLER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sayed Akram Mardhatillah - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Dewasa ini, laju perkembangan dunia konstruksi terus meningkat dengan pesat. Hal ini ditandai dengan dibangunnya infrastruktur berdesain modern, futuristik dan cenderung asimetris. Bangunan yang asimetris memiliki pusat massa dan pusat kekakuan yang tidak berimpit sehingga dapat menyebabkan momen puntir apabila menerima beban lateral layaknya gempa bumi. Namun, dengan menggunakan material dan perencanaan yang tepat, maka risiko terjadinya keruntuhan akibat momen puntir dapat direduksi. Material yang paling dominan digunakan dalam bidang konstruksi adalah beton. Hingga saat ini selain beton normal, sudah dikembangkan pula beton mutu tinggi dan mutu ultra tinggi. Beton mutu ultra tinggi dikenal memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap abrasi zat kimia berbahaya serta melindungi tulangan dari korosi. Pada penelitian ini dilakukan pemeriksaan kapasitas puntir beton bertulang mutu ultra tinggi dengan kuat tekan >100 MPa. Beton bertulang tersebut berupa balok kantilever berkonfigurasi L dengan ukuran penampang 20×25 cm, panjang balok utama 80 cm dan lengan torsi 40 cm. Benda uji pertama (UTP-1) menggunakan beton mutu ultra tinggi normal, sedangkan benda uji kedua (UTP-2) menggunakan beton mutu ultra tinggi dengan substitusi fly ash batu bara 15% dan penambahan filler bijih besi 6% dari berat semen. Pengujian yang dilakukan adalah uji puntir pada umur 28 hari. Hasil dari penelitian ini adalah pada UTP-1 diperoleh kapasitas puntir 8,872 kNm, sudut 0,132 rad dan daktilitas 1,602. Sedangkan pada UTP-2 diperoleh kapasitas puntir 8,739 kNm, sudut 0,064 rad dan daktilitas 1,652. Pada kedua benda uji juga terbentuk pola retak berupa garis-garis diagonal yang mengindikasikan telah terjadi kegagalan akibat puntir. Dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan fly ash batu bara dan filler bijih besi dapat mereduksi perubahan sudut (deformasi) yang terjadi akibat puntir dan meningkatkan nilai daktilitas beton bertulang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KUAT TEKAN BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN FLY ASH BATU BARA SEBAGAI ADITIF DAN BIJIH BESI SEBAGAI FILLER (STUDI KOMPARASI UKURAN AGREGAT MAKSIMUM 5 MM DAN 10 MM) (Yuliana, 2018)

ANALISIS KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN FLY ASH SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN DAN BIJIH BESI SEBAGAI FILLER (AKMAL, 2018)

ANALISIS KAPASITAS LENTUR BALOK BETON MUTU ULTRA TINGGI MENGGUNAKAN FLY ASH BATU BARA SEBAGAI ADITIF DAN BIJIH BESI SEBAGAI FILLER (PRISCA HIMRA PRATAMA, 2018)

PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI DENGAN VARIASI SUBSTITUSI SEMEN, AGREGAT HALUS, DAN AGREGAT KASAR (PENGGUNAAN FLY ASH BATU BARA, KERAK BOILER CANGKANG SAWIT, PASIR POZZOLAN DAN NANOMATERIAL BIJIH BESI) (Cut Fatmawati TA, 2019)

ANALISIS KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI MENGGUNAKAN FLY ASH BATU BARA, ABU CANGKANG SAWIT, DAN ABU POZZOLANIK ALAM SEBAGAI ADITIF (Aulia Hafidh, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy