//

ANALISIS KINERJA PENGANGKUTAN SAMPAH PADA ZONA III KOTA BANDA ACEH (KECAMATAN LUENG BATA, KUTA RAJA DAN BAITURRAHMAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Murnianti - Personal Name
SubjectREFUSE - WASTE TECHNOLOGY
WASTES CONTROL - TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ANALISIS KINERJA PENGANGKUTAN SAMPAH PADA ZONA III KOTA BANDA ACEH (Kecamatan Lueng Bata, Kuta Raja dan Baiturrahman) Oleh MURNIANTI NIM. 1309200060043 Komisi Pembimbing 1. Dr. Syamsidik, ST. M. Sc 2. Dr. Ir. Muhammad Zaki, M. Sc ABSTRAK Penelitian tentang Kinaerja Armada Pengangkutan Sampah pada Zona III Kota Banda Aceh ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengangkutan sampah terkait pola pengumpulan dan pengangkutan sampah, frekuensi (ritasi) armada pengangkutan dan jumlah kendaraan pengangkut sampah yang ada pada zona III, sehingga dapat dilakukan optimasi. Pengumpulan data primer dilakukan dengan mengamati proses pengangkutan sampah secara langsung di lapangan dan wawancara dengan pihak yang terlibat. Pengamatan dilakukan pada setiap armada pengangkut sampah dengan jumlah ritasi 2 kali sehari (pagi dan siang/malam). Armada yang akan diamati terdiri dari 11 unit dumptruck, 1 unit compactor truck, 2 unit armrolltruck, sehingga jumlah pengamatan adalah 14 hari. Penerapan pola pengumpulan sampah dengan sistem door to door pada sebagian zona III tidak sesuai standar yang ditetapkan. Jumlah ritasi untuk dumptruck dapat ditingkatkan menjadi 3 trip/hari, compactor truck 4 trip/hari dan armroll truck menjadi 11 trip/hari. Pewadahan sampah yang lebih baik dapat menghemat waktu pengangkutan dumptruck sebanyak 2,18 jam/hari atau 27,26% dan meningkatkan ritasi menjadi 3 trip/hari. Penambahan ritasi armada meningkatkan potensi jumlah sampah yang dapat terangkut hingga 59,17% atau mencapai 76,56 ton/hari dari sebelumnya 48,10 ton/hari. Kebutuhan armada pengangkutan sampah berdasarkan hasil perhitungan adalah dapat dioptimalkan menjadi sebanyak 10 unit, sedangkan saat ini digunakan sebanyak 14 unit armada. Peralatan kerja yang kurang memadai, tidak ada pelatihan khusus bagi para petugas dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah dengan benar dapat menjadi hambatan dalam pelayanan pengangkutan sampah. Kata Kunci: analisis, pengangkutan sampah, persampahan, zona III persampahan Banda Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SPASIAL PENYEBARAN ISPA DENGAN MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS : KECAMATAN BAITURRAHMAN, LUENG BATA DAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Gusrini Hibriyanti, 2018)

UJI BAKTERIOLOGIS PADA AIR MINUM ISI ULANG DI DUA DESA (LEUNG BATA DAN PANTERIEK) KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Yuliza Azella, 2017)

OPTIMALISASI RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA (Muhammad Reza Pahlefi, 2017)

PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KETERANDALAN DAN KETEPATWAKTUAN PELAPORAN KEUANGAN PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH (Rizki Nurdiansyah, 2017)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ZONA 3 DAN 4 KOTA BANDA ACEH (Ridwan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy