//

EVALUASI SUHU PERMUKAAN FASADE BANGUNAN PERTOKOAN (STUDI KASUS: JL. DR. MR. MOHD HASAN, BATOH, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nilam Wahyu Ningsih - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Perumahan griya cadek merupakan perumahan yang selesai dibangun tahun 2017 yang mempunyai ruang tidur berorientasi Timur-Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kenyamanan termal ruang tidur berdasarkan data hasil pengukuran. Hasil penelitian ini akan dibandingkan dengan standar SNI 03-6572-2001 dan kenyamanan termal adaptif. Kegiatan pengukuran dari variabel lingkungan terdiri atas temperatur udara (Ta), temperatur radiasi (Tr), kelembaban udara (Rh) dan kecepatan angin (v). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Heat Stress WBGT Meter, Thermal Data Logger dan Anemometer. Penelitian ini dilaksanakan pada ruang tidur orientasi timur dan barat rumah griya cadek dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi ruang tidur orientasi timur dan barat rumah griya cadek memiliki suhu udara berkisar antara 29.6˚C–32.6˚C. Hasil perbandingan dengan SNI menunjukan bahwa suhu di dalam ruang tidur orientasi timur dan barat rumah griya cadek berada di luar zona yang ditetapkan SNI, dimana nilai TE dalam ruang tidur lebih tinggi dari pada nilai yang ditetapkan oleh SNI. Nilai TE pada ruang tidur timur dan barat berkisar antara 28˚C-30.7˚C sementara nilai TE yang ditetapkan SNI berkisar antara 20.5˚C-27.1˚C. Hasil perbandingan dengan kenyamanan termal adaptif pada ruang tidur orientasi timur dan barat rumah griya cadek juga menunjukan bahwa zona nyaman pagi dan malam hari saat To 28˚C sedangkan siang hari zona nyaman saat To 30˚C. Kata kunci: Ruang tidur, Kenyamanan termal, SNI 03-6572-2001, Kenyamanan termal adaptif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK FASADE BANGUNAN GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA SEBAGAI PEMBENTUK VISUAL KAWASAN (SITI KHAIRANI, 2019)

RESPON MASYARAKAT TERHADAP DESAIN FASADE KOMPLEK MUSEUM ACEH (Nadila Ulfa, 2019)

PEMADAM WILAYAH KEBAKARAN KOTA BANDA ACEH (Fajar Wahyudi, 2013)

ESTIMASI SUHU PERMUKAAN LAHAN DI KABUPATEN ACEH BARAT MENGGUNAKAN SALURAN TERMAL CITRA LANDSAT (Nur Atikah Suri, 2018)

STUDI KONSERVASI BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI DALAM KAWASAN PENGEMBANGAN PELABUHAN BEBAS SABANG (Albina A. Rahman, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy