//

KINERJA ASPAL BETON DENGAN SUBSTITUSI OLI BEKAS KENDARAAN PADA ASPAL DAN SERBUK ARANG SEBAGAI FILLER TERHADAP NILAI DURABILITAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JONI PUTRA - Personal Name
SubjectASPHALT CONCRETE - ROAD ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkerasan jalan di Indonesia sering mengalami kerusakan sebelum mencapai umur rencana pada saat musim hujan tidak sedikit jalan-jalan di Indonesia yang terendam air akibat banjir. Kondisi jalan yang selalu terendam air dapat menurunkan sifat durabilitas (keawetan) lapisan perkerasan aspal. Pemanfaatan limbah sebagai bahan campuran beton aspal sudah sangat banyak dikembangkan. Salah satu limbah yang dapat dimanfaatkan kembali adalah Oli bekas dan serbuk arang tempurung kelapa. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan campuran laston lapis antara (AC-WC) menggunakan filler serbuk arang tempurung kelapa 6% dan Portland Cement (PC) serta penambahan oli bekas 2%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh rendaman dan karakteristik Marshall dengan pencampuran oli bekas dan penggunaan serbuk arang tempurung kelapa sebagai filler. Pemeriksaan benda uji menggunakan alat marshall dengan variasi aspal 4,5%, 5%, 5,5%, 6%, 6,5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa campuran beton aspal menggunakan serbuk arang tempurung kelapa (SATK) sebagai filler serta penambahan oli bekas 2% didapatkan nilai stabilitas sebesar 1027,80 kg pada KAO 5,6 % sedangkan campuran aspal beton tanpa penggunaan serbuk arang tempurung kelapa sebagai filler dan penambahan oli bekas 2% didapatkan nilai stabilitas sebesar 952,69 kg pada KAO 5,875 %. Nilai durabilitas tertinggi diperoleh pada rendaman air bersih tampa penggunaan SATK 6% dan PC 94 % dan penambahan oli bekas 2% (KAO 5,875%) sebesar 78,08% sedangkan yang menggunakan SATK 6% dan PC 94 % dan penambahan oli bekas 2%mendapatkan hasil durabilitas yang lebih rendah yaitu 73,41%. Kata kunci : Karakteristik Beton Aspal, Serbuk arang tempurung kelapa, Laston Lapis Aus ( AC-WC), penambahan oli bekas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUBSTITUSI BAN KARET BEKAS TERHADAP STABILITAS CAMPURAN ASPAL BETON AC-BC DENGAN FILLER SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA (CUT KHAIRANI D.E, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH SERBUK BAN BEKAS KE DALAM ASPAL PENETRASI 60/70 TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON (AC-WC) (Nafsul Hanif, 2016)

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN PARUTAN BAN DALAM BEKAS TERHADAP CAMPURAN BETON ASPHALT CONCRETE BINDER COURSE (AC-BC) DENGAN CARA KERING (DRY PROCESS) (FARACH DINA, 2017)

SUBSTITUSI STYROFOAM DAN ABU SERBUK KAYU SEBAGAI MATERIAL CAMPURAN LASTON LAPIS AUS DENGAN METODE PENCAMPURAN BASAH (RIA SEPTIANI, 2019)

PENGARUH PENGGUNAAN BAN BEKAS DAN FILLER KOMBINASI TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN LASTON LAPIS ANTARA (AC-BC) (Nanda Fitria, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy