//

HUBUNGAN TINGKAT DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN PRA BEDAH ORTHOPEDI DI RUANG RAWAT INAP RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmatan - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Tingginya angka insiden kasus orthopedi menyebabkan sebagian besar tindakan membutuhkan pembedahan sehingga dapat menimbulkan kecemasan pada pasien pra bedah orthopedi. Kecemasan pra bedah dapat menyebabkan perubahan fisik dan peningkatan substansi beberapa hormon yang meningkatkan tekanan darah sehingga menimbulkan resiko hipertensi sebelum pembedahan dilakukan hal ini berbahaya karena dapat mempersulit saat berlangsung pembedahan dan setelah pembedahan. Salah satu faktor yang mampu mempengaruhi tingkat kecemasan pada pasien pra bedah orthopedi adalah dukungan keluarga karena mampu meningkatkan mekanisme koping pasien dan mengurangi efek stress beserta gangguan psikososial. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross-sectional, jumlah responden 30 orang dengan teknik pengambilan sampel Non Propability Sampling dan pendekatan metode Purposive Sampling. Hasil analisis dengan uji Spearman (rho) menunjukkan Terdapat hubungan tingkat dukungan keluarga dengan kecemasan pada pasien pra bedah orthopedi di Ruang Rawat Inap RSUDZA Banda Aceh dengan nilai koefesiensi Spearman (r-0,42) korelasi negatif (tidak searah) dan hubungan korelasi cukup. Kata Kunci : pra bedah orthopedi, dampak kecemasan, dukungan keluarga

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN BENTUK KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN KANKER DI RUANG RAWAT INAP BLUD RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Ns. Novia Rauzatul Jannah Hs, S.Kep, 2014)

HUBUNGAN INFORMED CONCENT DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PRE OPERASI ORTHOPEDI DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (PUTRI NUZIRA, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN POST-OPERATIF FRAKTUR DI RSUDZA BANDA ACEH (MUZZAMMIL, 2019)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (zakiarrahman, 2016)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH (Cut Zahara, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy