//

INVENTARISASI JAMUR MIKROSKOPIS PADA BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) DI DESA ALUR MANIS KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Nur - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nur, Syarifah. 2019. Inventarisasi Jamur Mikroskopis Pada Buah Pepaya (Carica papaya L.) di Desa Alur Manis Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dr. Samingan, M.Si., (2) Iswadi, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Inventarisasi, Jamur, dan Buah Pepaya. Pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman yang sudah lama dikenal masyarakat di Provinsi Aceh. Produksi buah pepaya di Provinsi Aceh mengalami penurunan yang fluktuatif. Penyebab utama terjadinya penurunan hasil panen buah pepaya dikaitkan oleh agensia hayati salah satunya berupa jamur patogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis jamur mikroskopis yang terdapat pada buah pepaya muda, buah pepaya mengkal, dan buah pepaya masak di perkebunan pepaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksplorasi dan pengamatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buah Pepaya yang berasal dari Desa Alur Manis Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. Pengumpulan data dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) isolasi dengan menggunakan metode sterilisasi permukaan (sterilization surface) dan (2) identifikasi jamur mikroskopik secara konvensional yaitu dengan mengamati karakter morfologi secara makroskopik dan mikroskopik. Pengamatan makroskopik meliputi karakteristik suatu koloni jamur yaitu warna permukaan koloni, diameter koloni, bentuk tepi koloni, tekstur permukaan koloni, dan bentuk koloni. Pengamatan secara mikroskopik meliputi ada tidaknya septa pada hifa (bersekat atau tidak bersekat), pertumbuhan hifa (bercabang atau tidak bercabang), struktur penghasil spora dan spora nya. Hasil penelitian menunjukkan jamur mikroskopis yang berhasil di isolasi dari buah pepaya sebanyak 5 jenis dan dikelompokkan ke dalam 5 genus yaitu Aspergillus, Colletotrichum, Curvularia, Fusarium dan Penicillium. Pada buah pepaya muda, pepaya mengkal dan pepaya masak ditemukan jamur Aspergillus sp., dan Colletotrichum sp., kecuali pada buah pepaya muda ditemukan lebih banyak jenis jamur yaitu Curvularia sp., Fusarium sp. dan Penicillium sp. sedangkan pada buah pepaya masak yang berada di tengah perkebunan tidak ditemukan adanya jamur yang tumbuh. Kesimpulan penelitin ini yaitu pada buah pepaya muda, pepaya mengkal dan pepaya masak di perkebunan pepaya Desa Alur Manis Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang ditemukan jamur Aspergillus sp., dan Colletotrichum sp., kecuali pada buah pepaya muda ditemukan lebih banyak jenis jamur yaitu Curvularia sp., Fusarium sp. dan Penicillium sp., kecuali pada buah pepaya masak yang berada di tengah perkebunan tidak ditemukan adanya jamur yang tumbuh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BLEACHING ALAMI DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS PADA EMAIL GIGI (FLORENCIA LISADI, 2017)

INVENTARISASI JENIS LALAT BUAH(DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA BUAH YANG DIPERDAGANGKANRNDI PASARTRADISIONALKOTA BANDA ACEH (novia jastina, 2015)

KARAKTERISASI MORFOLOGI DAN KIMIAWI BEBERAPA GENOTIPE BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) (Farah Octaviani, 2018)

PENGARUH EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP DURASI PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (Randa Nisrina, 2015)

PENGARUH SUBSTITUSI PAKAN FERMENTASI LIMBAH KULIT BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA) TERHADAP KUALITAS KARKAS DAN KOLESTEROL AYAM PEDAGING (Dara Meilina Harlena Nahar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy