//

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN (BOTTLE NECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAFANA AZHYMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kota Banda Aceh merupakan ibukota Provinsi Aceh dengan berbagai macam aktivitas penduduknya. Hal ini membuat Kota Banda Aceh menjadi salah satu kota paling penting di Provinsi Aceh, khususnya dalam hal pendidikan dan perdagangan. Salah satu jalan yang padat di Banda Aceh yaitu Jalan Teuku Nyak Arief, Darussalam. Darussalam merupakan pusat pendidikan tertinggi di Aceh, ruas jalan Darussalam ini merupakan jalan akses keluar-masuk kendaraan masyarakat dan kendaraan mahasiswa di dua Universitas Negeri di Banda Aceh yaitu Universitas Syiah Kuala dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyempitan jalan terhadap karakteristik lalu lintas (bottle neck) pada jalan Teuku Nyak Arief Darussalam, serta untuk mendapatkan hubungan antara kecepatan, kepadatan, dan volume lalu lintas dengan menggunakan metode regresi linear sederhana dengan metode polinomial, eksponensial, dan logaritmik. Hasil untuk hubungan volume dan kecepatan tertinggi pada Hari Sabtu pada kondisi menyempit dengan model polinomial (R² = 0,73). Untuk hasil hubungan kecepatan dan kepadatan tertinggi pada Hari Sabtu diperoleh kondisi tidak menyempit (R² = 0,83). Dan untuk hasil hubungan antara volume dan kepadatan tertinggi diperoleh dengan metode polinomial (R² = 0,94) kondisi menyempit. Penyempitan jalan berpengaruh terhadap karakteristik lalu lintas, salah satunya pada kecepatan lalu lintas. Pada kondisi menyempit Hari Rabu terjadi penurunan kecepatan sebesar 22,72% dari pada ruas jalan tidak menyempit dan pada kondisi menyempit Hari Sabtu terjadi penurunan kecepatan sebesar 25,77% dari pada ruas jalan tidak menyempit. Nilai-nilai yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa penyempitan jalan pada ruas jalan Teuku Nyak Arief memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap karakteristik lalu lintas. Kata kunci : Karakteristik lalu lintas, volume lalu lintas, kecepatan lalu lintas, kepadatan lalu lintas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN PADA JEMBATAN (BOTTLENECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS (STUDI KASUS : JEMBATAN LAMNYONG, JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH) (A R I A D I, 2016)

PENGARUH PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH (YUNI PREHATMI WIJAYANTI, 2018)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN LINTAS BAWAH(UNDERPASS) SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (CUT SABRINA UTAMI, 2017)

PERHITUNGAN KINERJA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF TUNGKOP BERDASARKAN DERAJAT KEJENUHAN DAN KECEPATAN (STUDI KASUS KAWASAN KOMPLEK SEKOLAH TUNGKOP) (RAHMAT AWALUDDIN ISNIN, 2018)

EVALUASI KINERJA RUAS JALAN T.NYAK ARIEF JEULINGKE TERHADAP PERILAKU PENYEBERANG PEJALAN KAKI (CHANDRA SILALAHI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy