//

PELAYANAN PUBLIK BERBASIS REFORMASI DAN BIOKRASI DAN E-GOVERNTMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA : STUDI EMPIRIS PADA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANIK KURNIAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh: (1) reformasi birokrasi dan e-government terhadap good governance dan kualitas pelayanan publik; (2) reformasi birokrasi dan e-government baik secara langsung maupun tidak langsung melalui good governance dan kualitas pelayanan publik terhadap kinerja organisasi; dan (3) keahlian kepemimpinan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi terhadap good governance, kualitas pelayanan publik dan kinerja Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sebanyak 350 pegawai yang bekerja di ANRI dan di lima Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah yang mewakili kepulauan di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Papua telah dipilih sebagai responden dalam penelitian ini dengan menggunakan multi-stage sampling technique (triangulasi). Data yang diperolehi dari penyebaran kuesioner dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini menemukan bukti bahwa reformasi birokrasi dan e-government berpengaruh signikan terhadap peningkatan implimentasi prinsip-prinsip good governance dan kualitas pelayanan publik ANRI. Reformasi birokrasi dan e-government tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja ANRI, namun pengaruhnya ditemukan positif dan signifikan melalui implementasi prinsip-prinsip good governance dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini juga menemukan bukti bahwa keahlian kepemimpinan memoderasi secara positif pengaruh pelaksanaan reformasi birokrasi terhadap good governance, kualitas pelayanan publik dan kinerja ANRI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan tata kelola ANRI yang baik dan kualitas pelayanan publik, maka pelaksanaan reformasi birokrasi dan penerapan e-government perlu terus ditingkatkan di lingkungan lembaga kearsipan di Indonesia di bawah kepemimpinan yang berkeahlian. Kata kunci: reformasi birokrasi; e-government; good government governance, kualitas layanan publik, kinerja organisasi publik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KOMUNIKASI RNDAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA RNSERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK (LPP) TELEVISI RNREPUBLIK INDONESIA (TVRI) STASIUN ACEH (CUT NURMARITA, 2014)

EKSISTENSI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA DALAM SISTEM KETATANEGARAAN INDONESIA (KHAIRIYATI, 2014)

PENGARUH AKUNTABILITAS PUBLIK, PARTISIPASI MASYARAKAT, TRANSPARANSI PUBLIK, DAN APBD BERBASIS KINERJA TERHADAP KUALITAS ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) DI KOTA BANDA ACEH (Fitri Santi Maisarah, 2014)

STUDI PERBANDINGAN KEDUDUKAN LEMBAGA NEGARA OMBUDSMAN DALAM SISTEM KETATANEGARAAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DENGAN NEGARA SWEDIA (Rizki Wahyudi, 2015)

PELAYANAN PUBLIK DIKANTOR BALAI RISET DAN STANDARDISASI INDUSTRI BANDA ACEH (SUATU KAJIAN TERHADAP PELAKSANAAN PENGUJIAN PRODUK) (Fathia Fernanda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy