//

PENGARUH PENAMBAHAN SELULOSA PADA KOMPOSIT POLIPROPILENA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AJA MUNTAHAR - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tandan kosong kelapa sawit merupakan hasil sisa limbah dari pengolahan industri kelapa sawit yang memilik i kandungan lignoselulosa yang dapat dimanfaatkan sebagai penguat pada polimer komposit. Selulosa dalam tandan kosong kelapa sawit dapat diisolasi dengan hidrolisa asam. Penelitian ini mempelajari karakteristik selulosa yang diisolasi dengan HNO 3 , konsentrasi HNO3 yang digunakan adalah 10%. Sehingga diperoleh serat selulosa, dikarakterisasi dengan fourier tranfrom infared (FTIR) dan X-ray Difraction (XRD). Hasil analisis dengan menggunakan FTIR berdasarkan proses isolasi selulosa menunjukkan bahwa selulosa memiliki tipe senyawa alkana, amina, eter, alkohol, asam karboksilat dan ester. dan hasil analisis dengan menggunakan XRD menunjukkan bahwa material selulosa tersebut bersifat non-kristal/amorf. Selulosa TKKS dijadikan sebagai bahan aditif pada film komposit polipropilena, dengan penambahan komposit selulosa dengan variasi konsentrasi selulosa yang digunakan adalah 0% ; 1% ; 2% dan 3%, dan dikarakterisasi dengan FTIR untuk mengetahui gugus fungsi yang terkadung dalam selulosa. Sehingga selulosa ini dapat diaplikasikan untuk bahan penguat pada material polimer komposit. Kata kunci : Tandan kosong sawit, Selulosa, Asam nitrat, Delignifikasi, Bleaching.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN SELULOSA PADA KOMPOSIT POLIPROPILENA (DENI SUPRIA, 2019)

MODIFIKASI KITOSAN BERIKATAN SILANG TRIPOLIFOSFAT DAN SELULOSA SEBAGAI FILLER SERTA APLIKASINYA SEBAGAI PENGHANTAR OBAT (NILAWATI, 2018)

PEMANFAATAN SELULOSA DARI AMPAS TEBU DAN PASIR BESI UNTUK PEMBUATANKOMPOSIT KITOSAN-SELULOSA MAGNETIK SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM HG (II) (Alfahmizar, 2019)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KITOSAN-SELULOSA SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM CD(II) (SHABRINA, 2016)

PEMANFAATAN ALANG-ALANG (IMPERATA CYLINDRICA (L.)) SEBAGAI SUMBER SELULOSA PADA PEMBUATAN KOMPOSIT KITOSAN-SELULOSA PADA SISTEM PENGHANTAR OBAT (Lely Puspika Anggraini, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy