//

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA KARYAWAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khaziatunnur - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masalah gizi merupakan gangguan kesehatan dan kesejahteraan seseorang, kelompok orang, atau masyarakat yang disebabkan karena ketidakseimbangan antara kebutuhan energi dan jumlah energi yang masuk. Hal ini berefek pada timbulnya gizi kurang maupun gizi lebih. Salah satu masalah gizi masyarakat yang paling sering dialami akibat pola hidup masyarakat itu sendiri adalah obesitas. Prevalensi obesitas pada penduduk Indonesia (usia di atas 15 tahun) mencapai 10,3%. Sementara persentase gizi lebih di Aceh mencapai 11,76%. Studi menunjukkan bahwa obesitas memiliki korelasi dengan hiperkolesterol sehingga berpotensi dapat meningkatan resiko terjadinya penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes mellitus tipe 2, penyakit jantung koroner/PJK, dan dislipidemia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara status gizi dengan kadar kolesterol total pada karyawan FK Unsyiah. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas syiah kuala pada bulan April sampai bulan Mei 2018. Teknik pengambilan sampel secara probability sampling dengan menggunakan metode simple random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi pearson. Sebanyak 64 responden bersedian menjadi sampel penelitian ini, diantaranya 33 laki laki dan 31 perempuan dengan rerata usia, IMT, dan kadar kolesterol berturut turut yaitu 37 tahun, 24,3 kg/m2 , dan 170,78 mg/dl. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan tidak ada hubungan antara IMT dengan kadar kolesterol total pada karyawan FK Unsyiah dengan nilai r = 0,134 dan p = 0,291. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol tiap individu diantaranya genetik, gaya hidup, gangguan metabolik, dan kelainan lipoprotein. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan kadar kolesterol total pada karyawan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Kata Kunci: Status gizi, Kolesterol, Karyawan  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PANJANG SIKLUS MENSTRUASI MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (ALIEF AFRISIAMMY WIJAYA, 2019)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DENGAN STATUS GIZI BAYI (6-12 BULAN) DI DESA LAMLAGANG KECAMATAN BANDA RAYA BANDA ACEH TAHUN 2011 (Mifta Amalia, 2013)

HUBUNGAN ANTARA MEROKOK DENGAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SANDO P MALAU, 2017)

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN OBESITAS SENTRAL DENGAN KADAR KOLESTEROL LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER RSUDZA BANDA ACEH (Egi Atika Handayani, 2018)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI DAN POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Samawi Husien Ramud, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy