//

STUDI KEBERADAAN MASJID TUHA INDRAPURI DALAM KONTEKS MASA KINI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Damayanti Wibowo - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Masjid Tuha Indrapuri merupakan salah satu situs peninggalan sejarah di Desa Pasar Indrapuri, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Hingga saat ini Masjid Tuha Indrapuri masih mempertahankan bentuknya dan berdiri di atas pondasi candi hindu bekas Kerajaan Lamuri. Meskipun menjadi salah satu masjid bersejarah di Aceh, masjid ini harus mampu mempertahankan keberadaannya di masa sekarang. Penelitian ini menitikberatkan pada peran dan fungsi masjid pada masa kini, kenyamanan termal berdasarkan persepsi pengguna dan fasilitas penunjang untuk menjadikan masjid ini sebagai destinasi wisata islami. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara observasi di lapangan sehingga data yang didapat dalam bentuk dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, Masjid Tuha Indrapuri hingga saat ini masih berfungsi secara baik sebagai tempat beribadah dan berperan penting dalam kehidupan manusia. Maka dengan hal itu Masjid Tuha Indrapuri dapat dijadikan salah satu destinasi wisata islami dengan fasilitas penunjang yang memadai. Kata kunci: masjid tuha indrapuri, masa kini, wisata islami, kenyamanan termal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVESTIGASI BENDA ARKEOLOGI DI BENTENG DAN MASJID TUHA INDRAPURI ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE MAGNETIK GRADIOMETER (Cut Intan Keumala, 2016)

AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN MASJID DI KOTA BANDA ACEH (KHAIRATURRAHMI, 2017)

FUNGSI DAN WEWENANG TUHA PEUET DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (STUDI KASUS DI DESA UJONG KAREUNG KECAMATAN SUKAJAYA KOTA SABANG) (salamun, 2013)

ANOMALI IMPLEMENTASI PERAN DAN FUNGSI TUHA PEUET (STUDI KASUS DI PEMERINTAHAN GAMPONG KUTABULOH I KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN) (Deby Satrianda, 2017)

ANALISIS PENYEBARAN MASJID DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Sophi Widia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy