//

PENERAPAN MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUWIDAH - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran melalui modul berbasis PBL dapat meningkatkan Hasil Belajar dan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Eksperimen dengan Desain one-Group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu MAN 1 Kota Banda Aceh, MAN 2 Kota Banda Aceh dan MAN 3 Kota Banda Aceh, dengan sampel penelitian berjumlah 85 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah soal tes mengukur hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan rumus persentase, uji beda dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor N-Gain hasil belajar 62,84 dengan kategori sedang. Hasil uji t pada taraf signifikan 0,01/0,05 yaitu t hit (11,24) > t tab (1,65) ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir kritis peserta didik sebanyak 81,41% dengan signifikan 0,01/0,05 t- hit (13,69) > t- tab (1,65) pada kelas eksperimen adanya peningkatan terhadap keterampilan berpikir peserta didik. Kesimpulannya yang diperoleh adalah Penerapan pembelajaran melalui modul berbasis pbl dapat meningkatkan hasil belajardan meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan Kata Kunci: Modul berbasis PBL, Berpikir kritis, Hasil belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)

PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rita Astarina, 2017)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SAMALANGA (Nurfida Jufra, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (WIRDATUL WAHIDA, 2018)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKANRNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA (siska sucirahayu, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy