//

PROSES PEMBUATAN MESIN CNC LASER UNTUK MENGGRAVING MOTIF PADA LEMBARAN KAYU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Fajar Ramadan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK PROSES PEMBUATAN MESIN CNC LASER UNTUK MENGGRAVING MOTIF PADA LEMBARAN KAYU Oleh RIZKI FAJAR RAMADHAN 1404002010048 Perkembangan teknologi industri dapat membantu industri menghasilkan produk yang berkualitas. Salah satu alat yang dapat membantu menghasilkan produk berkualitas tersebut adalah mesin CNC. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa harga mesin CNC tidaklah murah. Oleh sebab itu dalam penelitian ini, peneliti mengemukakan cara merancang-bangun sebuah prototipe mesin CNC laser engraving untuk benda kerja lembaran kayu. Mesin dirancang semurah mungkin tetapi memberikan manfat yang besar. Rangka utama mesin menggunakan bahan kayu, laser menggunakan jenis diode laser, aktuator penggerak sumbu menggunakan motor stepper, dan software kontrol menggunakan Laser GRBL. Benda kerja yang mampu dikerjakan berdimensi 400 mm x 400 mm x 2 mm. Optimasi sistem pergerakan motor stepper dipilih 1/16 micro stepping. Dengan menggunakan modul diode laser 1 watt. Kata kunci: mesin CNC, laser engraving, diode laser, lembaran kayu, GRBL

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MOTIF JEPARA TERHADAP MOTIF ACEH PADA SENI UKIR KAYU DI PERABOT JEPARA DESA KAJHU ACEH BESAR (ASRIL AZIMI, 2015)

PENGEMBANGAN MESIN PEMINTAL BENANG SERAT PISANG ABACA (ZULFAHMI, 2019)

DESAIN DAN PEMBUATAN MESIN PEMINTAL TALI SERAT ALAMI (RACHMAT DENNI MULYADI, 2019)

PROSES PEMBUATAN UPUH ULEN-ULEN DI DESA BEBESEN KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (Sayu Desrina, 2015)

TENUN SONGKET ACEH “NYAKMU” DI DESA SIEM KABUPATEN ACEH BESAR (Yasmin Afrilla Utami, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy