//

PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT PISANG KEPOK DENGAN FERMENTASI MENGGUNAKAN SACCHAROMYES CEREVISIAE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULFIAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kulit pisang memiliki kandungan lignoselulosa yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bioetanol. Dalam proses pembuatan bioetanol kandungan lignoselulosa pada kulit pisang dihidrolisis terlebih dahulu menjadi bentuk yang lebih sederhana yaitu glukosa dengan hidrolisis asam menggunakan HCL dengan variasi konsentrasi 0,3 M, 0,5 M dan 0,7 M. Hasil hidrolisis difermentasikan menggunakan saccharomyces cerevisiae dengan variasi waktu 3, 5 dan 7 hari. Selanjutnya hasil fermentasi di destilasi pada suhu 83 C. Kadar etanol terbanyak didapatkan pada fermentasi hari ke 5 pada konsentrasi 0,7 M sebesar 0,0684 gram etanol / gram kulit pisang. Kata kunci : Bioetanol, Kulit Pisang, Hidrolisis asam, Fermentasi, Ragi, Destilasi, Kadar Etanol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT PISANG KEPOK DENGAN FERMENTASI MENGGUNAKAN SACCHAROMYCES CEREVISIAE (Nanda Syah Putra, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH KULIT PISANG KEPOK (MUSA PARADISIACA L) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA SEBAGAI PAKAN TERNAK ITIK JAWA (ANAS JAVANICA) TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN (Putri Wulandari, 2014)

ANALISIS KANDUNGAN PATI PADA BONGGOL PISANG (Widya Sani, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KULIT PISANG KEPOK (MUSA PARADISIACA NORMALIS) FERMENTASI + BUNGKIL KELAPA+ FEED SUPPLEMENT SEBAGAI SUBSTITUSI SEBAGIAN RANSUM KOMERSIL FINISHER TERHADAP BERAT DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER (Rismanda Sari, 2016)

PRODUKSI ASAM SITRAT DARI ASPERGILLUS NIGER MENGGUNAKAN MEDIA KULIT PISANG (Aulia Maktsum, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy