//

PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA SETARA PISA LEVEL 1 SAMPAI 3

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARIS HIDAYAT ISMAIL, S. PD - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL TESTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Haris Hidayat Ismail (2019). Pengembangan Soal Matematika Setara PISA Level 1 Sampai 3 Hasil tes Programme International for Student Assessment (PISA) 2012 dan 2015 menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan siswa dari negara lain. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa hal ini terjadi karena sedikit jumlah buku teks matematika yang menggunakan konteks essensial di Indonesia. Selain itu, sebagian besar guru kurang memahami literasi matematika. Sejumlah penelitian telah dilakukan sebelumnya yaitu membuat sejumlah soal matematika setara PISA agar siswa terbiasa dengan soal-soal kontekstual. Namun, pengembangan soal-soal matematika setara PISA sebelumnya kurang memperhatikan level dan konteks. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini telah dikembangkan soal-soal setara PISA dengan mempertimbangkan lingkungan kontekstual siswa dan kurikulum di Indonesia saat ini dengan menggunakan metode Tessmer. Kegiatan preliminary dan field test (uji produk) dilakukan di SMPN 8 Banda Aceh. Hasil preliminary menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal PISA masih sangat rendah (berada pada level satu). Selanjutnya telah dikembangkan 48 soal matematika setara PISA dalam Bahasa Indonesia yang terdiri dari enam belas soal level satu, enam belas soal level dua, dan enam belas soal level tiga. Berdasarkan reviu sejumlah pakar (satu orang ahli PISA, satu orang ahli pendidikan matematika, satu orang ahli bahasa Indonesia, dan satu orang guru matematika SMP), semua soal yang dikembangkan telah memenuhi validitas konstruk dan isi. Soal-soal tersebut juga telah memenuhi kepraktisan dan keefektifan. Hasil analisis kerja siswa menunjukkan kemampuan siswa masih sangat rendah dalam memahami informasi yang diberikan dalam soal. Kemampuan siswa dalam proses matematika dan decoding juga masih cukup rendah. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa adalah guru menggunakan soal-soal setara PISA yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dan penelitian sebelumnya dalam pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, PISA, Literasi Matematika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DOMAIN SOAL SETARA PISA BUATAN GURU PADA MGMP MATEMATIKA WILAYAH TUNGKOP ACEH BESAR (Riyanti Herlita, 2018)

PENGEMBANGAN SOAL SETARA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (T. MARWANDA, 2017)

PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SETARA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH ADAT ACEH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (ULIYATUL USNUL, 2019)

KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA DI KELAS IX MTSN MODEL BANDA ACEH. (Muhammad Hidayat, 2017)

PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SETARA PISA DENGAN KONTEKS ACEH (Aulia Maqshum, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy