//

RITUAL ADAT ALAS PEMAMANEN DI DESA BAMBEL KUTACANE KABUPATEN ACEH TENGGARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Enggi Raseha - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci :Ritual, Adat Alas, Pemamanen Penelitian yang berjudul”Ritual Adat Pemamanen Di Desa Bambel Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara” mengagkat masalah bagaimana prosesi ritual tradisi pemamanen dan apa saja yang menyebabkan faktor perubahan di ritual pemamanen suku Alas di Aceh Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tradisi pemamanen di Kute Alas Kabupaten Aceh Tenggara dan apa saja faktor penyebab perubahannya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, serta jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengerti tentang ritual adat pemamanen dan objek dalam penelitian ini adalah ritual adat alas pemamanen di Desa Bambel Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara. Pengumpulan data melaluin observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data dengan mereduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan ritual adat alas pemamanen yaitu ngelumbe, tebekhas,titah pekhintah, mebhagah, jagai,persiapan meyambut pemamanen, sabhungen silime-lime, persiapan bagi pemamanen yang datang, ngerana, senat. Ritual adat pemamanen ini mengalami perubahan yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: karena adanya penemuan baru, adanya pengaruh budaya lain, adanya perkembangan teknologi, sehingga menyebabkan ritual tersebut mengalami perubahan. Ritual adat pemamanen ini masih dilaksanakan secara adat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN KERJA GURU DI SMP NEGERI 1 BAMBEL KUTACANE ACEH TENGGARA (MARDIANA MUNTHE, 2018)

RELEVANSI HUKUMAN ADAT TERHADAP MENIKAH SATU MARGA (SUKU ALAS) DI DESA MENDABE KABUPATEN ACEH TENGGARA (Rini Mutia, 2018)

MOTIF RAGAM HIAS PADA PAKAIAN ADAT PERNIKAHAN SUKU ALAS DI KABUPATEN ACEH TENGGARA (Riski Amalia, 2016)

BENTUK PENYAJIAN TARI PELEBAT DI SANGGAR LAC SUKU ALAS KABUPATEN ACEH TENGGARA (Mellya Safitri, 2017)

MODIFIKASI PAKAIAN ADAT PERKAWINAN KABUPATEN ACEH TENGGARA (Masniar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy