//

PENINGKATAN KUALITAS MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ADSORBEN DARI CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PARAMETER BILANGAN PEROKSIDA, BILANGAN ASAM, KADAR AIR DAN WARNA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR RISKA CARILYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Minyak jelantah merupakan minyak bekas pemakaian kebutuhan rumah tangga yang apabila ditinjau dari komposisi kimianya, minyak jelantah mengandung senyawa- senyawa radikal bebas. Upaya peningkatan kualitas minyak jelantah dapat dilakukan dengan proses pemurnian yaitu menggunakan proses adsorpsi dengan adsorben cangkang telur ayam, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi massa adsorben dan variasi waktu adsorpsi terhadap penurunan bilangan asam, bilangan peroksida, kadar air dan warna pada minyak jelantah. Pembuatan adsorben dilakukan dengan pengecilan ukuran pada cangkang telur ayam sebesar 100 mesh. Cangkang telur ayam diaktivasi secara kimia dan diaktivasi dengan cara fisika secara thermal pada suhu 600°C selama 1 jam. Proses adsorpsi minyak jelantah dilakukan dengan variasi massa adsorben yaitu 0,1; 0,5 dan 1 g dengan waktu adsorpsi 0; 5; 10; 15; 20; dan 30 menit dengan kecepatan pengadukan 100 rpm. Data analisa awal minyak jelantah blanko untuk bilangan peroksida sebesar 12,7740 mek O /Kg, untuk bilangan asam sebesar 1,6095 mg KOH/g, kadar air sebesar 1,13% dan minyak jelantah berwarna coklat gelap. Kondisi optimum diperoleh pada massa adsorben 1 g dengan waktu adsorpsi 30 menit menghasilkan penurunan kadar pada bilangan peroksida dengan nilai sebesar 3,9091mek O 2 /Kg, untuk bilangan asam menghasilkan penurunan kadar dengan nilai sebesar 0,2244 mg KOH/g, untuk kadar air sebesar 0,13% dan warna minyak jelantah berubah menjadi kuning jernih. Kata Kunci: adsorpsi, adsorben, cangkang telur ayam, minyak jelantah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KUALITAS MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ADSORBEN DARI CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PARAMETER BILANGAN PEROKSIDA, BILANGAN ASAM, KADAR AIR DAN WARNA (ANNISA RAHMI, 2019)

KONFERSI MINYAK JELANTAH MENJADI BIODIESEL MENGGUNAKAN KATALIS KALSIUM OKSIDA (CAO) DARI CANGKANG TELUR (Nova Mauliza, 2017)

PEMURNIAN MINYAK GORENG BEKAS MENGGUNAKAN KULIT RUMBIA SEBAGAI ADSORBEN (WITRI EVILIA, 2018)

PEMURNIAN MINYAK GORENG BEKAS MENGGUNAKAN KULIT RUMBIA SEBAGAI ADSORBEN (INDRI ANI SAFITRI, 2018)

PENENTUAN KARAKTERISTIK MINYAK BUAH ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL) BENER MERIAH DENGAN PERBANDINGAN METODE EKSTRAKSI SOKLETASI DAN PENGEPRESAN (Riri Safriani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy