//

PENGOPERASIAN AUTOMATIC CHANGE OVER SWITCH (ACOS) PLN-GENSET PADA BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirza Zairi Ofika - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penggunaan tenaga listrik telah menjadi kebutuhan penting baik bagi masyarakat, sektor industri, perkantoran, pendidikan, rumah sakit, alat transportasi, dan lainnya. Salah satu jaringan kelistrikan sektor transportasi yang sangat dibutuhkan adalah pada transportasi udara, dimana proses penerbangan dan pendaratan pesawat sangat dipengaruhi oleh berbagai fasilitas kelistrikan berupa alat bantu pendaratan visual seperti Airport Lighting System (ALS) dan Instrument Landing system (ILS). Karena itu, diperlukan suatu jaringan listrik secara kontinyu demi keamanan dan keselamatan proses penerbangan dan pendaratan suatu pesawat. Suatu jaringan listrik yang terhubung dengan fasilitas bantu pendaratan visual pada bandar udara hanya boleh terputus dengan waktu yang sangat singkat (kurang dari 15 detik), Sehingga apabila listrik dari PLN padam, maka dengan waktu kurang dari 15 detik jaringan listrik harus terhubung dengan Generator set (Genset). Genset merupakan suatu pembangkit listrik tenaga diesel yang digunakan di Bandar Udara sebagai catu daya listrik cadangan bila terjadi pemadaman aliran listrik PLN. Karena waktu yang diperbolehkan putusnya jaringan listrik sangat singkat maka dibutuhkan suatu alat untuk menghidupkan genset secara otomatis, yang dapat digunakan ketika jaringan PLN terputus/padam. Alat yang dapat bekerja secara otomatis tersebut adalah automatic generator set yang juga sering disebut dengan Automatic Change Over Switch (ACOS), yaitu suatu alat untuk menghidupkan genset dan pengambil-alihan beban secara otomatis dari PLN ke genset saat terjadi aliran listrik PLN padam atau sebaliknya saat PLN hidup kembali dan pengambilan-alihan beban dari genset ke PLN dan kemudian genset mati secara otomatis sesuai dengan waktu pengesetan pada panel. Panel ini dikontrol oleh sebuah unit change automatic atau disebut Automatic Main Failure (AMF).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REDESAIN TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA TEMA : STRUKTUR SEBAGAI ELEMEN ESTETIS (Shaivan Nur, 2017)

PENGENDALIAN ANGGARAN DI PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (INDAH NATASHA, 2018)

PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DIANTARA REKAN KERJA TERHADAP KINERJA TUGAS DENGAN EFIKASI DIRI DAN ABUSIVE SUPERVISION PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA (Siti Safura, 2017)

PENGOPERASIAN DAN PERAWATAN GARBARATA DI BANDAR UDARA SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (M. Zikral Ardy, 2018)

STUDI PERENCANAAN PENGEMBANGAN RUNWAY, TAXIWAY, DAN APRON BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH BESAR (Milla Al-Barrah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy