//

GAMBARAN DURASI, FREKUENSI, DAN WAKTU KONSUMSI SUSU FORMULA DENGAN NURSING BOTTLE CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TK KHALIFAH ACEH 2 KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang GHINA DARISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nursing Bottle Caries (NBC) merupakan salah satu karies yang sering dijumpai dan memiliki pola yang sangat khas pada anak usia dibawah 6 tahun. NBC terjadi akibat anak mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) ataupun susu dalam botol setiap hari dalam waktu yang lama dan kadang dibiarkan sampai anak tertidur sepanjang malam. Susu formula diberikan orang tua kepada anaknya agar dapat memenuhi kebutuhan gizi anak selama masa tumbuh kembang. Walaupun demikian, konsumsi susu formula dapat menyebabkan karies pada anak akibat pola pemberian yang kurang tepat seperti cara penyajian, frekuensi, durasi, dan waktu. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran durasi, frekuensi, dan waktu konsumsi susu formula dengan Nursing Bottle Caries pada anak usia prasekolah di TK Khalifah Aceh 2 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 36 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran durasi, frekuensi, dan waktu konsumsi susu formula dengan dampak Nursing Bottle Caries (NBC) pada anak usia prasekolah di TK Khalifah Aceh 2 Kota Banda Aceh bervariasi antara satu subjek dengan yang lainnya. Faktor yang menyebabkan adanya variasi dalam penelitian ini diduga adalah keempat faktor utama penyebab karies dan faktor eksternal. Kata kunci : Nursing bottle caries, susu formula, anak usia prasekolah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FREKUENSI EARLY CHILDHOOD CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DAN FAKTOR RISIKO TERKAIT (STUDI PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN MEURAXA TAHUN 2018) (Hasnatul Hidayah, 2019)

HUBUNGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK USIA 0-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (VERA RIZKI, 2016)

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (DEBBI APRILIA, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN ASI DAN SUSU FORMULA TERHADAP PH PLAK ANAK USIA 12-24 BULAN DI PUSKESMAS DARUSSALAM (T. Iwan Surya , 2016)

GAMBARAN RELASI MOLAR KEDUA SULUNG PADA ANAK-ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI PADA EMPAT TK NEGERI KOTA BANDA ACEH) (SOLEHA RAHAYU, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy